PVMGB Turunkan Status Gunung Tangkuban Parahu dari Waspada ke Normal

Pedagang diizinkan kembali berjualan

Bandung, IDN Times - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menurunkan status Gunung Tangkuban Parahu dari level Waspada ke Normal pada pukul 09.00WIB, Senin(21/10).

Penurunan status tersebut berdasarkan pantauan aktivitas vulkanik di Gunung Tangkuban Parahu yang menurun sejak erupsi pada Senin(23/7), lalu.

Kepala PVMBG Kasbani mengatakan, dari pantauan selama berbulan-bulan sejak awal terjadinya aktivitas erupsi hingga saat ini, level Waspada tersebut sudah berubah menjadi Normal.

"Sejak jam 09:00 WIB tadi, Gunung Tangkuban Parahu statusnya turun dari Waspada ke Normal dan dengan kata lain tidak ada aktivitas di kawah gunung," ujar Kasbani saat jumpa pers di Gedung PVMBG, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (21/10).

Menurutnya, dengan diturunkanya status Waspada menjadi Normal, saat ini aktivitas objek wisata sudah diizinkan untuk dibuka sepenuhnya oleh pihak pengelola dan warga setempat, namun ada beberapa hal yang tetap harus diwaspadai.

1. Masyarakat harus tetap mencari tahu update aktivitas Gunung Tangkuban Parahu

PVMGB Turunkan Status Gunung Tangkuban Parahu dari Waspada ke NormalIDN Times/Azzis Zulkhairil

Meski sudah diizinkan kembali untuk para wisatawan dan warga setempat, Kasbani mengatakan, alangkah baiknya warga dan wisatawan tetap waspada dengan memantau aktifitas Gunung Tangkuban Parahu.

"Masyarakat juga harus tetap mencari informasi soal lingkungan sekitar dan aktifitas terbaru dari Gunung Tangkuban Parahu," kata Kasbani.

2. Warga disarankan tidak berada di dekat gunung ketika malam hari

PVMGB Turunkan Status Gunung Tangkuban Parahu dari Waspada ke NormalIDN Times/Azzis Zulkhairil

Kasbani mengungkapkan, untuk siang hari wisatawan dan warga sekitar boleh berada disekitaran gunung. Namun ketika malam hari, masyarakat di minta untuk tidak mendekati kawah gunung karena masih berbahaya.

"Objek wisata sudah boleh dibuka kembali ini sepenuhnya jika siang, namun malam hari masih belum memungkinkan untuk berada di dekat gunung," ucapnya.

"Jangan terlalu dekat dengan kawah, ini kan gunung, kita takut erupsi secara tiba-tiba," tambahnya.

3. Pedagang sudah boleh berjualan

PVMGB Turunkan Status Gunung Tangkuban Parahu dari Waspada ke NormalIDN Times/Galih Persiana

Sejak diberikan status waspada, beberapa pedagang sempat tidak diizinkan untuk berjuan, saat ini kata Kasbani, para pedagang sudah dibolehkan kembali berjualan disekitar objek wisata Gunung Tangkuban Parahu.

"Pedagang sudah boleh kembali berjuana, Masyarakat tidak perlu khawatir soal status ini," kata dia.

4.Status diturunkan berdasarkan perhitungan dan pengamatan

PVMGB Turunkan Status Gunung Tangkuban Parahu dari Waspada ke NormalIDN Times/Azzis Zulkhairil

Lebih lanjut Kasbani menjelaskan penurunan status waspada ke normal sudah berdasarkan beberapa bahan evaluasi data dan ada penilaian tersendiri. Seperti sudah menurinya hembusan abu dari mulut gunung dan juga menusurnya asap secara signifikan.

"Kita juga pasang GPS secara temporer, semua indikasi tidak ada desakan dari bawah gunung, sekitar kawah juga di bawah ambang batas, di sekitar bibir juga relatif dibawah ambang batas,"pungkasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya