Comscore Tracker

Premanisme Jadi Sorotan, Polrestabes Bandung Makin Getol Mengawasi

Polrestabes Bandung beberpa kali ungka aksi premanisme

Bandung, IDN Times - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Bandung akan menindak tegas premanisme di wilayah hukumnya. Hal ini dilakukan sesuai intruksi Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

AKBP Adanan Mangopang, Kasat Reskrim Polrestabes Bandung mengatakan, sebelum turun instruksi itu, jajarannya sudah kerap memberikan tindakan hukum terhadap aksi-aksi premanisme.

"Kapolrestabes dan Pak Kapolda selalu mengingatkan kepada jajaran untuk menindak tegas pelaku premanisme yang sering meresahkan masyarakat Kota Bandung," ujar Adanan Mangopang di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Sabtu (12/6/2021).

1. Polrestabes Bandung sempat tangkap pemalakan di Gedebage

Premanisme Jadi Sorotan, Polrestabes Bandung Makin Getol MengawasiKasatreskrim Polrestabes Bandung, AKBP Adanan Mangopang (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Penanganan premanisme dilakukan berdasarkan aduan oleh masyarakat. Namun, Adanan bilang, dengan instruksi kapolri ini pengawasan akan lebih masif, termasuk di polsek yang ada di Kota Bandung.

"Selama saya menjadi Kasat sudah banyak menindak pelaku kekerasan, khususnya yang viral di Gedebage. Itu berhasil kami ungkap dan kami lakukan tindakan tegas. Negara tidak boleh kalah dengan premanisme," kata dia.

2. Perintah ini berawal dari aduan sopir pengangkut barang

Premanisme Jadi Sorotan, Polrestabes Bandung Makin Getol MengawasiKapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melambaikan tangan kepada awak media usai menjalani pertemuan dengan Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Persis), di Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/3/2021) (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan seluruh Polda dan Polres jajaran untuk memberantas setiap aksi premanisme yang meresahkan masyarakat.

Hal itu menyusul adanya instruksi langsung dari Presiden Joko “Jokowi’ Widodo kepada Kapolri untuk menindak tegas preman yang sering melakukan pemalakan terhadap sopir truk di wilayah Jakarta Utara.

"Seluruh Polda dan Polres harus menindak tegas aksi premanisme yang meresahkan. Hal itu demi menjamin keselamatan dan memberi rasa tenang kepada masyarakat," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat (11/6/2021).

3. Sigit minta penangkapan premanisme diungkap ke publik

Premanisme Jadi Sorotan, Polrestabes Bandung Makin Getol MengawasiKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat meninjau lokasi bom Gereja Katedral Makassar, Minggu (28/3/2021) (Dok. Divisi Humas Polri)

Tak hanya itu, Sigit menyebut telah memberikan instruksi langsung kepada Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto dan seluruh kapolda untuk tidak memberikan ruang sedikit pun bagi oknum-oknum masyarakat yang melakukan aksi premanisme.

Selain itu, Sigit juga meminta kepada jajarannya untuk merilis setiap penangkapan preman. Hal itu ditujukan untuk memberangus dan membuat efek jera para preman.

"Negara tidak akan kalah dengan aksi premanisme. Oknum dan preman segera bersihkan, tangkap dan tuntaskan," kata Sigit.

Baca Juga: Banyak Sopir Dipalak di Priok, Perintah Kapolri: Brantas Premanisme!

Baca Juga: Buntut Premanisme di Cimahi, Empat Orang Ditetapkan Jadi Tersangka

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya