PPP Jabar Ikut Sukseskan Koalisi Indonesia Bersatu di Pilpres 2024

DPW PPP Jabar akan tunduk pada keputusan DPP

Bandung, IDN Times - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jawa Barat (Jabar) bersedia menyukseskan Koalisi Indonesia Bersatu di Pilpres 2024. Semua arahan dari pengurus pusat akan dilakukan oleh DPW PPP Jabar.

Pepep Saepul Hidayat, Sekretaris DPW PPP Jabar mengatakan bahwa pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu dilakukan oleh DPP PPP bersama Partai PAN dan Partai Golkar. Sehingga, semua arahan ketua umum akan dikerjakan.

"Pasti kita ikut dan tunduk pada keputusan DPP, artinya juga akan ikut berkoalisi. Dan tentu Jabar akan ikut menjadi dan mengambil bagian untuk menyukseskan dari rencana yang digagas oleh para ketua umum itu," ujar Pepep, Kamis (19/5/2022).

1. Awal Juni akan ada pertemuan dengan DPP

PPP Jabar Ikut Sukseskan Koalisi Indonesia Bersatu di Pilpres 2024Pepep Saepul Hidayat, Sekertaris DPW PPP Jabar saat ditemui, Kamis (28/4/2022) (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Meski begitu, Pepep bilang, untuk arahan khusus ke DPW PPP Jabar dari DPP masih belum ada. Namun, dirinya memastikan bahwa semua arahan akan langsung dikoordinasikan dengan seluruh anggota.

"Kalau yang kami dengar nanti awal Juni akan ada pertemuan lanjutan di Jabar dari DPP. Tapi intinya belum ada perintah maupun arahan secara teknis dari DPP, karena kabar itu baru disampaikan oleh Sekjen saat halal bihalal," katanya.

2. Golkar Jabar siap memantapkan koalisi

PPP Jabar Ikut Sukseskan Koalisi Indonesia Bersatu di Pilpres 2024Politikus Golkar Ace Hasan Syadzily (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Sebelumnya, DPD Partai Golkar Jawa Barat (Jabar) juga menyatakan bahwa organisasinya akan segera menindaklanjuti arahan DPP mengenai pembentukan partai koalisi 2024, bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Tb. Ace Hasan Syadzily, Ketua DPD Golkar Jabar mengatakan, tindak lanjut koalisi 2024 akan dilakukan berdasarkan arahan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sehingga, hal ini akan segera dilakukan.

"Pertama tentu sesuai dengan arahan pak ketua umum (Airlangga) ya, kita harus mulai juga melakukan pembahasan di tingkat daerah," ujar Ace saat dihubungi, Sabtu (14/5/2022).

3. Golkar Jabar punya hubungan baik dengan PAN dan PPP

PPP Jabar Ikut Sukseskan Koalisi Indonesia Bersatu di Pilpres 2024Ace Hasan Syadzily, Anggota DPR saat membacakan doa pada Senin (16/8/2021). (youtube.com/DPR RI)

DPD Partai Golkar Jabar memiliki hubungan baik dengan PPP dan PAN Jabar. Sehingga, Ace menjelaskan, bahwa hal itu merupakan modal oke untuk menjalin kerja sama membangun koalisi 2024.

"Jadi hubungan baik ini tentu menjadi modal yang sangat penting untuk menyamakan chemistry kami sebagaimana arahan Ketua Umum Partai Golkar itu," ungkapnya.

Mengenai langkah apa saja yang akan dilakukan oleh Golkar Jabar untuk menyukseskan koalisi itu, Ace bilang, Koalisi Indonesia Bersatu ini masih menunggu arahan pemerintah pusat.

"Kami harapkan bahwa karena yang terjadi di pusat baru langkah awal dari penjajakan koalisi, tentu secara teknis Kami juga nanti akan memastikan terlebih dahulu langkah-langkah teknis langkah-langkah strategis dan taktis," tuturnya.

Baca Juga: Usai Bertemu Ridwan Kamil, Koalisi Golkar, PAN dan PPP Akan ke Jabar

Baca Juga: Ade Yasin Terjaring OTT KPK, DPW PPP Jabar Singgung Pergantian Jabatan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya