Comscore Tracker

Polda Jabar Terus Telusuri Dugaan Money Laundry Bos Akumobil

Polda Jabar akan gandeng PPATK

Bandung, IDN Times - Kepolisian daerah (Polda) Jawa Barat sampai saat ini terus menelusuri dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dari para tersangka PT Aku Digital Indonesia atau Akumobil.

Kepala bidang (Kabid) Humas Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, para tersangka hingga saat ini diduga melakukan TPPU dari uang korban Akumobil.

"Dugaan TPPU hasil dari kejahatan utama ini akan kita telusuri," ujar Truno di Mapolda Jawa Barat, Jalan Soekarno-Hatta, Selasa (3/12).

1. Polda Jabar mengendus ada kejahatan sekunder

Polda Jabar Terus Telusuri Dugaan Money Laundry Bos AkumobilIDN Times/Azzis Zulkhairil

Truno menjelaskan, sampai saat ini polisi menduga ada pidana sekunder yang dilakukan para tersangka, pasalnya polisi menyelidiki TPPU karena adanya kerugian materi yang dialami oleh para korban. Sambung Truno, polisi juga akan menggander PPATK untuk menelusuri aset Akumobil.

"Kita akan lakukan penelusuran bersama dengan lembaga keuangan di antaranya PPATK. Paling tidak kita memberikan proses penegakan hukum secara bersama Polrestabes dan Polda Jabar kita tunggu hasil penyidikan di TPPU," tuturnya.

2. Diambil alih Polda Jabar karena locus dikti tidak hanya di Bandung

Polda Jabar Terus Telusuri Dugaan Money Laundry Bos AkumobilIDN Times/Azzis Zulkhairil

Diberitakan sebelumnya, Kasatreskrim Polrestabes Bandung Ajun Komisaris Besar Polisi Galih mengatkan, untuk penanganan TPPU telah diambil alih oleh Polda Jawa Barat, hal tersebut dikarenakan locus dikti tidak hanya di Bandung.

"TPPU yang ditangani Polda harapanya aset recovery bagaimana barang bukti ini nantinya bisa dikembalikan atau gimana itu nanti gimana putusan pengadilan," kata dia.

3. Sudah ada enam tersangka yang diamankan pihak kepolisian

Polda Jabar Terus Telusuri Dugaan Money Laundry Bos AkumobilIDN Times/Azzis Zulkhairil

Sebagaimana diketahui, dari kasus Akumobil, polisi telah menetapkan enam orang tersangka, ke enamnya adalah BJ sebagai direktur utama.Kemudian AY yang merupakan direktur keuangan dan administrasi.

Lalu RS direktur divisi motor, FR direktur operasional marketing, serta MH direktur operasional. Dan terkahir direktur HRD Akumobil yang berinisial MI.

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You