Comscore Tracker

Pisahkan Diri dari Rombongan, Narapidana Kabur dan Kelabui Petugas 

Petugas pengamanan tidak mengetahui saat Serli kabur

Bandung, IDN Times - Seorang tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandung, Serli Herawati melarikan diri sejak Kamis (28/2). Serli melarikan diri dengan cara memisahkan diri dari rombongan sebelum masuk ruang sidang Pengadilan Negeri Bandung.

Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Bandung, Guntur Wibowo mengatakan, kejadian berawal dari pengawal kejaksaan yang menjemput Serli beserta 16 tahanan perempuan lainnya dari Rutan perempuan Bandung menuju PN Bandung.

"Sampai PN Bandung, kemudian pengawal menggiring barisan tahanan ke dalam gedung PN Bandung melalui pintu yang biasa digunakan keluar masuk tahanan ke arah lorong ruang sidang lima dan enam," ujar Guntur berdasarkan keterangan yang diterima IDN Times, Jumat (28/2).

1. Serli kabur dengan cara memisahkan diri dari rombongan

Pisahkan Diri dari Rombongan, Narapidana Kabur dan Kelabui Petugas (Ilustrasi ruang sidang PN Bandung) IDN Times/Galih Persiana

Kondisi PN Bandung saat itu ramai dan sesak. Menurutnya, dalam kondisi itu Serli memanfaatkannya untuk memisahkan diri dengan rombongan. Ia mengatakan, Serli kemungkinan kabur dengan masuk di antara kerumunan pengunjung.

"Itu tanpa sepengetahuan pengawal tahanan, saudara Serli Herawati memisahkan diri dan berbaur dengan pengunjung lain," ungkapnya.

2. Petugas penjaga tidak mengetahui kepergian Serli

Pisahkan Diri dari Rombongan, Narapidana Kabur dan Kelabui Petugas (Ilustrasi tahanan) IDN Times/Ayu Afria

Guntur menuturkan, kepergian Serli sebelumnya memang tidak diketahui oleh petugas, bahkan petugas baru mengetahui kejadian tersebut saat tahanan dimasukkan ke dalam sel tahanan di PN Bandung yang ternyata kurang satu orang.

"Dalam tahanan dilakukan cross check antar petugas pengawal tahanan. Dari situ diketahui ada kekurangan satu orang tahanan perempuan, kemudian dicek ternyata atas nama Serli," tuturnya.

3. Serli kabur saat akan diberikan putusan oleh Hakim PN Bandung

Pisahkan Diri dari Rombongan, Narapidana Kabur dan Kelabui Petugas Ilustrasi tangan yang diborgol. (Unsplash/Niu Niu)

Guntur menambahkan, Serli kabur dalam kondisi akan menjalani sidang putusan atas kasus pencurian yang telah dilakukannya. Akibat Serli kabur, persidangannya ditunda dan Serli masih belum ditemukan hingga saat ini.

"Serli kemarin mau sidang putusan atas kasus pencuriannya, sampai saat ini belum ditemukan," katanya.

4. Hilangnya Serli merupakan tanggung jawab Kejari Bandung

Pisahkan Diri dari Rombongan, Narapidana Kabur dan Kelabui Petugas Ilustrasi (IDN Times/Sukma Sakti)

Sebelumnya, Kepala Rutan Wanita Bandung Lilis Yuaningsih juga membenarkan, Serli Herawati merupakan tahanan Rutan wanita Sukamiskin Bandung yang dipinjam Kejari Bandung untuk menjalani Sidang. Sehingga status Serli masih menjadi tanggung jawab Kejari Bandung.

"Tahanannya kabur di pengadilan. Dipinjam sama Kejari Bandung, jadi posisi status masih di Kejaksaan Bandung," kata dia.

Baca Juga: Sekjen Sunda Empire: Kekaisaraan Sunda Lebih Tinggi dari PBB

Baca Juga: Pengacara Sunda Empire: Rangga Sasana Ingin Ditahan di Rumah Pribadi

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya