Comscore Tracker

Pilgub Jabar 2024 dan Empat Nama yang Berpotensi Mencalonkan Diri

Orang-orang lama berpotensi kuat mencalonkan kembali

Bandung, IDN Times - Nama-nama tokoh hingga politikus Jawa Barat (Jabar) diprediksi akan turut meramaikan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar yang akan digelar 27 November 2024. Sejumlah orang-orang lama dinilai berpotensi kuat mencalonkan diri kembali.

Firman Manan, Direktur Eksekutif Indonesian Politics Research and Consulting (IPRC) sekaligus Dosen Departemen Ilmu Politik Universitas Padjadjaran (Unpad) mengatakan, hingga saat ini ada beberapa tokoh dan politikus yang berpotensi mencalonkan diri pada Pilgub Jabar 2024.

Menurutnya, nama-nama yang akan mencalonkan diri di Pilgub Jabar 2024 masih akan diisi oleh beberapa tokoh lama. Adapun untuk beberapa sosok baru yang mau mencalonkan diri masih belum mau menampilkan diri.

Siapa saja sosoknya? Berikut empat nama yang berpotensi jadi kandidat Pilgub Jabar 2024:

1. Dedi Mulyadi

Pilgub Jabar 2024 dan Empat Nama yang Berpotensi Mencalonkan Diriantarafoto.com

Firman Manan mengatakan, sosok Dedi Mulyadi hingga saat ini terlihat banyak dikenal oleh warga Jabar khususnya di wilayah Purwakarta, Karawang, Subang, dan beberapa di wilayah di Pantura. Dedi memiliki karakter yang kuat dan tingkat popularitas yang tinggi dan berpotensi akan banyak menggaet pemilih.

"Nama Dedi Mulyadi berpotensi maju Pilgub Jabar 2024, dia memiliki tingkat popularitas semakin ke sini semakin meningkat signifikan dari kandidat lain," ujar Firman saat dihubungi, Rabu (26/1/2022).

2. Ahmad Syaikhu

Pilgub Jabar 2024 dan Empat Nama yang Berpotensi Mencalonkan DiriPresiden PKS Ahmad Syaikhu. (youtube.com/CSIS Indonesia)

Politisi Partai Keadaan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu, menurut Firman bisa berpotensi masuk jadi kandidat Pilgub Jabar 2024. Hanya saja, dia bilang, saat ini persoalan pilgub memiliki tensi berbeda dengan pilpres sehingga banyak kandidat yang masih belum terang-terangan akan mencalonkan diri.

"Akhmad Saikhu, kalau kita lihat memang belum ada dinamika yang muncul ini beda dengan pilpres yang sudah muncul nama. Pilgub Jabar kan belum ya, jadi nama lama yang muncul, termasuk Ahmad Syaikhu," katanya.

3. Bima Arya Sugiarto

Pilgub Jabar 2024 dan Empat Nama yang Berpotensi Mencalonkan DiriWali Kota Bogor Bima Arya (Istimewa)

Untuk kandidat kuat di tingkat bupati dan wali kota di Jabar, Firman juga mengatakan bahwa belum banyak yang popularitasnya tinggi. Saat ini, kata dia, prestasi dari pejabat daerah masih belum terekspos publik, sehingga belum banyak dikenal.

Meski begitu, Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto dinilai berpotensi maju dan menjadi kandidat Pilgub Jabar 2024.

"Bupati dan wali kota mungkin ada seperti Bima Arya, dia sering muncul di media dan nasional. Kita ingat dulu Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi muncul ke nasional. Artinya bukan kinerja tidak baik tapi kemudian tidak terekspos publik dan media," kata dia.

4. Desy Ratnasari

Pilgub Jabar 2024 dan Empat Nama yang Berpotensi Mencalonkan DiriDesy Ratnasari (instagram.com/desyratnasarifans)

Kemudian, sosok Desy Ratnasari belakangan ini juga santer diisukan bakal maju dalam kontestasi Pilgub Jabar 2024. Menurutnya, Desy bisa saja masuk jadi kandidat, namun sosok politisi dengan latar belakang artis lebih banyak dijadikan sebagai wakil gubernur.

Hal ini terbukti dari strategi politik yang beberapa kali digunakan oleh pemenang pilgub sebelumnya. Seperti Ahmad Heryawan-Dede Yusuf, dan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar. Menurutnya, kalangan artis bisa membantu dan memperbanyak pemilih di Jabar.

"Artis ini sebagai tambahan massa. Bagaimana pun ini merupakan rumus pilihan langsung, harus perluas basis pemilih, mereka kan politisi dan punya modal popularitas ini modal awal dan bisa meramaikan di pilgub," kata dia.

Baca Juga: Pilkada 2024: Dessy Ratnasari Siap Masuk Bursa Pilgub Jabar

Baca Juga: Ridwan Kamil dan Desy Ratnasari Maju Pilgub 2023? Ini Katanya

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya