Comscore Tracker

Piala Menpora, Pemkot: Bonek Jangan Datang ke Kota Bandung! 

Suporter ada baiknya tetap menonton dari rumah saja

Bandung, IDN Times - Video viral bonek datang ke Kota Bandung banyak dikritisi oleh sejumlah pihak. Pemkot Bandung meminta suporter pendukung Persebaya Surabaya ini tidak nekat menonton langsung ke Stadion Si Jalak Harupat.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, atas kejadian ini Pemkot Bandung akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk mencegah suporter yang hendak menonton langsung ke Stadion Si Jalak Harupat.

"Kami sudah minta kepada Bobotoh juga agar membantu menyampaikan kepada mereka (Bonek) tidak perlu datang ke sini," ujar Yana di Balai Kota Bandung, Senin (22/3/2021).

1. Jangan membuat rugi klub

Piala Menpora, Pemkot: Bonek Jangan Datang ke Kota Bandung! IDN Times/Yogi Pasha

Video viral bonek datang ke Kota Bandung belum bisa dipastikan juga merupakan warga Surabaya. Menurut Yana, jangan sampai ada suporter nekat masuk dan melanggar aturan Piala Menpora 2021.

"Karena kalau sampai ada apa-apa kan Piala Menpora berhenti, Liga tidak bisa digulirkan kan ini percobaan, nanti yang rugi klubnya juga," ungkapnya.

2. Bobotoh diminta sampaikan pada bonek soal anjuran nonton di rumah saja

Piala Menpora, Pemkot: Bonek Jangan Datang ke Kota Bandung! instagram.com/kabar_bonek

Pemkot Bandung sendiri sudah bertemu dengan PT PBB untuk membahas soal suporter Persib Bandung. Selama jalannya Piala Menpora, Yana meminta, bobotoh tidak nekat ke luar kota untuk melihat Tim Maung Bandung bertanding.

"Kemarin pada saat pertemuan dengan beberapa Dinas terkait kita coba antisipasi, jadi kalaupun dia (Bonek) datang ke sini, kita upayakan langsung dikembalikan," jelasnya.

3. Piala Menpora 2021 digelar tanpa penonton

Piala Menpora, Pemkot: Bonek Jangan Datang ke Kota Bandung! Logo Piala Menpora 2021. ligaindonesiabaru.com

Mengantisipasi kejadian ini, Pemkot Bandung mendorong agar PT PBB dan PT KAI berkomitmen untuk dapat menghadang suporter ke luar kota. Kemudian untuk suporter dari tim lain datang ke Kota Bandung ada baiknya langsung dikembalikan ke tujuan awalnya.

"Enggak ada ruang untuk dia, karena percuma tidak boleh menonton atau mendekati (Stadion), kita sudah sepakat," katanya.

4. Polisi selidiki keberadaan bonek di Kota Bandung

Piala Menpora, Pemkot: Bonek Jangan Datang ke Kota Bandung! Agus Bebeng/ANTARA FOTO

Sebelumnya, Polresta Bandung akan mengecek video viral salah satu kelompok suporter yang diduga hendak mendukung tim sepak bola dalam laga Piala Menpora di Stadion Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Video viral ini diunggah akun Instagram @serdadumerahputih_1945. Dalam video berdurasi 0:09 detik itu, terdapat kurang lebih 10 orang diduga suporter dan terdapat tulisan "kulo nuwun Bandung".

Kapolresta Bandung Kombes Pol. Hendra Kurniawan mengatakan, video itu bukan di sekitar wilayah Stadion Jalak Harupat.  Namun, ia memastikan dalam waktu dekat ini akan mencari kebenaran apakah suporter ini ada di wilayah Kabupaten Bandung atau wilayah lain.

"Kita coba cek dahulu, wilayah jalak harupat tidak seperti di video ini," ujar Hendra saat dihubungi, Sabtu (20/3/2021).

Baca Juga: Polisi Telusuri Video Viral Bonek Datangi Bandung Jelang Piala Menpora

Baca Juga: Viral Video Bonek Datang ke Bandung Jelang Piala Menpora

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya