Comscore Tracker

Pengamat: Ridwan Kamil Paling Potensial Wakili Jabar di Pilpres 2024

Elektabilitas Ridwan Kamil mampu kalahkan tokoh nasional

Bandung, IDN Times - Nama Gubernur Jabar, Ridwan Kamil alias Emil akhir-akhir ini terus mendapatkan survei elektabilitas teratas untuk Pilpres 2024. Teranyar, orang nomor satu di Jabar itu tercatat mampu mengalahkan nama lain di tingkat nasional.

Dalam Survei Litbang Kompas, ektabilitas Emil ada di posisi pertama di antara kandidat lain dalam kategori elektabilitas di bawah 10 persen. Dia mampu mengalahkan Sandiaga Uno, dan AHY.

1. Saat ini figur paling potensial di Jabar hanya Ridwan Kamil

Pengamat: Ridwan Kamil Paling Potensial Wakili Jabar di Pilpres 2024Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Pengamat politik Unpad Firman Manan mengatakan, dalam kategori elektabilitas di bawah 10 persen Ridwan Kamil patut diperhitungkan dibandingkan calon lain. Meski di atas 10 persen ada Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Hal ini juga menunjukkan bahwa untuk sementara ini, Ridwan Kamil adalah figur calon presiden paling potensial dari Jabar yang bisa diangkat ke tingkat nasional.

"Kalau kita lihat figur Jawa Barat memang yang paling potensial adalah Kang Emil. Posisi gubernur saat ini, bagaimana pun itu mereseprentasikan (suara) warga Jabar," ujar Firman saat dihubungi, Kamis (27/10/2022).

2. Belum ada figur lain wakili Jabar

Pengamat: Ridwan Kamil Paling Potensial Wakili Jabar di Pilpres 2024Ridwan Kamil

Kemudian, penilaian Ridwan Kamil, calon paling potensial untuk mewakili warga Jabar di Pilpres 2024, didukung juga oleh fenomena bermunculannya para pendukung dari mantan Wali Kota Bandung ini.

"Jadi sejauh ini kalau bicara siapa figur Jabar yang paling potensial kelihatannya Kang Emil," ucapnya.

3. Faktor silahturahmi politik buat elektabilitas Emil naik

Pengamat: Ridwan Kamil Paling Potensial Wakili Jabar di Pilpres 2024Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Firman berpandangan, naiknya elektabilitas Ridwan Kamil dalam survei Litbang Kompas ini didorong karena sejumlah faktor. Bisa dari capaian kinerja dalam penanganan COVID-19, dan aktivitas komunikasi politik yang terus dijalin oleh Emil.

Nama Ridwan Kamil belakang sempat tenggelam, setelah muncul komunkasi dengan partai intensif bahkan memperlihatkan keseriusan masuk partai kembali naik.

"Itu juga yang menyebabkan elektabilitas meningkat dibandingkan dengan Sandiaga Uno dan AHY," katanya.

Meski begitu, Emil sendiri berbeda dengan Anies Baswedan yang sudah dideklarasikan sebagai Capres 2024. Emil memang masih belum mendeklarasikan dirinya, namun potensi untuk didorong partai masih terbuka lebar.

"Kalau bicara peluang masih sangat terbuka, artinya kan survei itu memotret hari ini dan ini masih dinamis, karena pilpres masih Februari 2024," kata dia.

Berikut hasil survei kandidat capres Litbang Kompas dengan elektabilitas di bawah 10 persen:

Ridwan Kamil: 8,5 persen

Sandiaga Uno: 2,5 persen

Andika Perkasa: 2,3 persen

Agus Harimurti Yudhoyono: 2,2 persen

Tri Rismaharini: 1,2 persen

Puan Maharani: 1 persen

Basuki Tjahaja Purnama: 0,7 persen

Erick Thohir: 0,7 persen

Hary Tanoesoedibjo: 0,7 persen

Airlangga Hartarto: 0,5 persen

Muhaimin Iskandar: 0,3 persen

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Ganjar Naik, Lewati Prabowo-Anies

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Elektabilitas PDIP Turun Dibayangi Gerindra

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya