Pemprov Jabar Dapat Bantuan Inpres Jalan Daerah Rp1,2 Triliun 

Uang bantuan ini akan dipakai perbaiki jalan tambang Bogor

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa mendapatkan bantuan perbaikan jalan sebesar Rp1, 2 triliun. bantuan ini bersumber dari Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah Kementerian PUPR.

Bantuan perbaikan jalan di Jawa Barat ini berawal dari tawaran Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Penjabat Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin pun langsung manerima dan langsung ditindaklanjuti oleh Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jabar.

"Banyak (ruasnya) jumlahnya sampai Rp1,2 triliun kalau nggak salah," katanya di DPRD Jabar, Bandung, Selasa (30/4/2024).

1. Pemprov Jabar ajukan 6-7 ruas jalan

Pemprov Jabar Dapat Bantuan Inpres Jalan Daerah Rp1,2 Triliun Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Menurutnya ada 6-7 ruas jalan yang anggarannya akan dibiayai oleh Inpres Jalan Daerah. Bey mengungkapkan, salah satunya yakni perbaikan jalan provinsi di Parung Panjang, Kabupaten Bogor yang rusak digerus angkutan tambang.

"Ada 6-7 ruas yang kita ajukan. Itu (ruasnya) panjang-panjang, detilnya ke Pak Bambang (Kadis BMPR Jabar), ada Parung Panjang, termasuk jembatannya Pak Bupati Bandung, di Dayeuhkolot," katanya.

2. Anggaran ini di luar BIUTR

Pemprov Jabar Dapat Bantuan Inpres Jalan Daerah Rp1,2 Triliun Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Komitmen anggaran di atas Rp1 triliun lebih ini dipastikan akan mengucur untuk Jawa Barat pada tahun 2024 ini. Bey menambahkan, anggaran itu bukan bagian dari BIUTR. Adapun untuk proyek tersebut nantinya akan mendapatkan anggaran berbeda.

"Anggaran itu di luar Bandung Intra Urban Tol Road (BIUTR) dan groundbreaking Tol Getaci," katanya.

3. Kementerian PUPR mengusulkan anggaran Rp1,2 triliun

Pemprov Jabar Dapat Bantuan Inpres Jalan Daerah Rp1,2 Triliun Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan sejumlah komitmen penganggaran infrastruktur Jawa Barat tahun ini. Salah satu komitmennya yakni Inpres Jalan Daerah, PUPR memastikan akan ada peningkatan anggaran bagi perbaikan jalan provinsi, kabupaten kota di Jawa Barat.

"(Anggaran) Akan jauh lebih besar dibanding Tahun 2023. Usulannya ada Rp1,2 triliun untuk perbaikan jalan inpres di Jawa Barat ini," tuturnya.

Selanjutnya selain inpres jalan daerah, ada inpres air minum dan pengelolaan air limbah yang menurut Basuki bisa dimanfaatkan Provinsi Jawa Barat.

Saat ini ada 5 kabupaten/kota di Jabar belum memasukan programnya antara lain Kota Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Cirebon dan Sukabumi.

Baca Juga: Suara Beralih ke Golkar, NasDem Minta Rekapitulasi Jabar I Dibatalkan

Baca Juga: Pakar ITB Ingatkan Potensi Gempa Jabar Selatan Selain Megathrust 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya