Pemkot Bandung Targetkan Flyover Kopo Rampung April 2022

Target awal pembangunan ini rampung pada September 2022

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menargetkan pembangunan Flyover Kopo rampung pada April 2022. Saat ini, pembangunan terus dikejar dan dievaluasi agar bisa digunakan dengan maksimal.

"Kemungkinan flyover bisa diaktivasi sebelum lebaran, April 2022. Kita juga kemungkinan akan menambah (melebarkan) di ujung flyover supaya tidak bottle neck begitu naik atau turun," ujar Plt Wali Kota Bandung, Yana Mulyana melalui keterangan resminya, Sabtu (18/12/2021).

1. Kemungkinan akan ada pelebaran jalan di bawah Flyover Kopo

Pemkot Bandung Targetkan Flyover Kopo Rampung April 2022Wakil wakil Kota Bandung Yana Mulyana. IDN Times/Humas Bandung

Berdasarkan pemantauan langsung di lapangan, Yana mengatakan bahwa perjalanan pembangunan sudah lebih cepat dari sebelumnya. Menurutnya, Flyover Kopo dibangun untuk mengurai kemacetan di sekitar wilayah itu.

"Sekitar 20 persen lebih cepat, luar biasa. Jadi tentunya Pemerintah Kota Bandung juga mendukung. Ada permasalahan luasan jalan di bawahnya yang perlu kita lebarkan, ya kita support. Insyaallah itu juga berjalan paralel," katanya.

2. Yana mendorong masyarakat tetap bisa memanfaatkan transportasi umum

Pemkot Bandung Targetkan Flyover Kopo Rampung April 2022ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Flyover memang satu dari sekian banyak solusi untuk mengurangi kemacetan. Namun, dikatakannya, masyarakat bisa memilih dengan cara menggunakan transportasi publik yang sudah disediakan pemerintah.

"Kami terus mendorong penggunaan transportasi publik di Kota Bandung. Sehingga warga lebih banyak menggunakan transportasi publik dan kemacetan bisa berkurang," ungkapnya.

3. Kontrak pembangunan Flyover Kopo berakhir September 2022

Pemkot Bandung Targetkan Flyover Kopo Rampung April 2022Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR

Sedangkan, Kepala BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat, Wilan Oktavian menerangkan, secara kontraktual, paket pembangunan flyover Kopo berakhir pada September 2022. Namun Wilan menyebut, progresnya lebih cepat.

"Teman-teman yakin bisa selesai di April. Insyaallah, walaupun kontraknya sampai September kalau lihat sekarang mudah-mudahan tercapai," katanya.

Menurutnya, agar kendaraan yang naik ke flyover lebih lancar, maka dibutuhkan lahan untuk menormalisasi frontage sekitar 100 meter. Lahan yang dibutuhkan pun ternyata milik negara.

"Alhamdulillah tadi dicek ternyata tanah negara ya, insyaallah bisa kita teruskan supaya lebih sempurna flyover-nya," ucapnya.

4. Pemprov Jabar sebut flyover sangat membantu masyarakat

Pemkot Bandung Targetkan Flyover Kopo Rampung April 2022Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar, Bambang Tirtoyuliono mengatakan, pembangunan flyover adalah salah satu bentuk manifestasi.

"Walaupun pembangunan infrastruktur itu dibiayai APBN, tetapi yang menerima manfaat masyarakat. Sehingga kita saling bahu-membahu, saling mendukung," katanya.

Baca Juga: Oded Wafat, Ridwan Kamil Beri Arahan dan Semangat PNS Pemkot Bandung

Baca Juga: Pemerintah Batalkan PPKM Level 3, Pemkot Bandung Menyesuaikan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya