Comscore Tracker

Pemkot Bandung Baru Punya Dua Posko Vaksinasi untuk Pemudik 2022

Vaksinasi pemudik Bandung ada di Leuwi Panjang dan Cicaheum

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung baru membuat posko vaksinasi khsusus pemudik Lebaran 2022 di dua tempat. Keduanya berada di Terminal Leuwi Panjang dan Terminal Cicaheum.

Ahyani Raksanagara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mengatakan, posko vaksinasi untuk pemudik terus dipersiapkan bersama instansi terkait di Kota Bandung. Saat ini, belum semua titik disediakan posko vaksinasi.

"Posko vaksinasi dari kepolisian sudah dibuat dan sekarang suda ada di terminal Leuwi Panjang dan Cicaheum," ujar Ahyani, Sabtu (23/4/2022).

1. Titik lain vaksinasi sedang dikoordinasikan dengan kepolisian

Pemkot Bandung Baru Punya Dua Posko Vaksinasi untuk Pemudik 2022IDN Times/Azzis Zulkhairil

Pemkot Bandung hingga saat ini terus bersiap untuk menghadapi mudik Lebaran 2022. Posko vaksinasi ini, kata Ahyani, dibangun berdasarkan arahan dari Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil.

Adapun saat ini Dinkes dan kepolisian tengah memperhitungkan agar posko dibangun di tempat lainnya di Kota Bandung. "Titik lain sedang dikoordinasikan dengan kepolisian, seperti rest area atau tempat lain yang ramai," ungkapnya.

2. Posko vaksinasi pemudik merupakan upaya peningkatan target

Pemkot Bandung Baru Punya Dua Posko Vaksinasi untuk Pemudik 2022IDN Times/Yogi Pasha

Selain itu, Ahyani juga menjelaskan bahwa pembuatan posko vaksinasi untuk pemudik Lebaran 2022 merupakan upaya paling relevan dalam meningkatkan capaian vaksinasi di Kota Bandung. Ia juga menargetkan bahwa akan ada peningkatan vaksinasi usai Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Sekarang di tanggal 22 April sudah mencapai 29,7 persen. Akhir April 30 persen mudah-mudahan sesuai target," ujarnya.

3. Pemprov Jabar sudah siapkan 3.000 dosis vaksinasi

Pemkot Bandung Baru Punya Dua Posko Vaksinasi untuk Pemudik 2022 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) telah menyiapkan 3.000 dosis vaksin untuk melayani pemudik Idul Fitri 1443 Hjiriah atau Lebaran 2022. Dosis vaksin diberikan untuk pemudik yang belum menjalani vaksinasi.

Ridwan Kamil alias Emil, Gubernur Jabar mengatakan, vaksinasi COVID-19 harus dilakukan seluruh pemudik. Oleh sebab itu, Pemprov Jabar menyediakan vaksinasi untuk disuntikkan pada pemudik yang belum mendapatkan vaksin sama sekali.

"Jumlah vaksin disiapkan minimal 3.000 dosis, tapi yang paling aman adalah pemudik sudah vaksinasi penuh," ujar Emil melalui keterangan resminya, Rabu (20/4/2022).

4. Ridwan Kamil masih mengkaji vaksinasi pemudik di rest area

Pemkot Bandung Baru Punya Dua Posko Vaksinasi untuk Pemudik 2022Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Meski begitu, Emil bilang teknis penyuntikan vaksinasi untuk pemudik masih dibahas karena bila vaksinasi dilakukan di posko atau rest area khawatir terjadi KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi) yang berisiko bagi pelaku perjalanan.

"Masih dalam pembahasan teknisnya, karena kalau di rest area atau posko di-vaksin, kita khawatir ada KIPI yang nantinya malah membahayakan," katanya.

Baca Juga: Pemkot Bandung Siapkan Vaksinasi dan Tes Acak di Dua Terminal

Baca Juga: Supaya Bisa Mudik, Pemkot Bandung Genjot Vaksinasi Booster hingga Lebaran

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya