Pajak Kendaraan Jadi Primadona, Bapenda Jabar Buat Layanan Samsore

Warga Kabupaten Bandung bisa bayar pajak selepas bekerja

Bandung, IDN Times - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat (Jabar) memperluas layanan Samsat Sore (Samsore) di Kabupaten Bandung. Langkah ini dilakukan untuk mendongkrak pendapatan kendaraan bermotor.

Dedi Taufik, Kepala Bapenda Jabar mengatakan, pajak kendaraan bermotor masih menjadi primadona pendapatan daerah. Maka itu, kata dia, pajak kendaraan bermotor harus dioptimalkan melalui Samsore.

"Samsore ini ada untuk memudahkan para wajib pajak, diberikan pilihan tambahan waktu. Jika tidak bisa di jam kerja, kami sediakan layanan pada pukul 16.00 WIB sampai 20.00 WIB," ujar Dedi, Rabu (23/3/2022).

1. Langkah ini untuk membantu mendongkrak pendapatan

Pajak Kendaraan Jadi Primadona, Bapenda Jabar Buat Layanan SamsoreFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Bapenda Jabar sudah menarget pada 2023 Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) harus meraup di angka sekira Rp6,2 Triliun dan Pajak Kendaraan Bermotor kurang lebih Rp 8,8 triliun. Dedi mengatakan bahwa pemerintah berupaya keras untuk mencapai target itu.

"Perlu ada solusi berupa inovasi layanan. Salah satu yang sudah berjalan adalah program Samsore, ini sudah berlaku di Samsat Kabupaten Bandung sejak Sabtu (19/3/2022) lalu," ucapnya.

Dedi menambahkan, layanan ini rencananya akan terus diperluas di daerah lain untuk memudahkan wajib pajak yang biasanya sulit mengurus pembayaran di hari atau jam kerja.

"Kami menyerap aspirasi, salah satu yang paling menonjol adalah kesulitan wajib pajak mengurus (bayar pajak) di jam kerja, karena pekerjaan gak bisa ditinggalkan," katanya.

2. Bapenda Jabar berusaha memfasilitasi keinginan masyarakat

Pajak Kendaraan Jadi Primadona, Bapenda Jabar Buat Layanan SamsoreIstimewa

Layanan Samsore di Samsat Soreang berlokasi di Jalan Raya Gading Tutuka Nomor 28, Desa Cingcin, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung. Mereka juga membuka layanan di akhir pekan serta memaksimalkan cara jemput bola menggunakan Samsat Keliling di lokasi yang mudah didatangi masyarakat.

"Kami berusaha memfasilitasi keinginan masyarakat. Kami optimistis target yang ditentukan bisa terealisasi," kata dia.

3. Wakil Bupati Bandung apresiasi langkah Bapenda Jabar

Pajak Kendaraan Jadi Primadona, Bapenda Jabar Buat Layanan Samsoreinstagram.com/sahrulgunawanofficial

Sementara itu Wakil Bupati Kabupaten Bandung, Sahrul Gunawan mengapresiasi inovasi tersebut. Ia mengatakan, wilayah Kabupaten Bandung termasuk luas, sehingga masyarakat butuh layanan yang fleksibel dari sisi waktu.

"Jadi yang tempat kerjanya atau tempat tinggalnya lumayan jauh, bisa memanfaatkan layanan ini, mereka bisa datang sore hari. Jadi fleksibel kan," kata dia.

4. Polda sebut langkah ini menjawab kebutuhan masyarakat

Pajak Kendaraan Jadi Primadona, Bapenda Jabar Buat Layanan SamsoreKabid Humas Polda Sulsel Kombes Ibrahim Tompo. IDN Times / Sahrul Ramadan

Di sisi lain, Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo menyatakan Samsore adalah salah satu terobosan Bapenda Jabar yang patut diapresiasi. Ia mengimbau semua masyarakat memaksimalkan layanan tersebut.

"Masyarakat banyak yang kerja pagi dan pulang sore, otomatis tidak sempat untuk membayar pajak. Oleh karena itu dengan hadirnya Samsore ini masyarakat yang pulang sore saat ini bisa membayar pajak," katanya.

Baca Juga: Pajak-Pajak yang Dihapus Dendanya oleh Pemprov DKI hingga Akhir Tahun

Baca Juga: Bayar Pajak Kendaraan Tepat Waktu Lebih Hemat

Baca Juga: Selain Pajak Kendaraan, Ternyata Ini Sumber Pendapatan Bapenda Jabar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya