Comscore Tracker

Natal dan Tahun Baru 2021, Disdagin Bandung Pastikan Bahan Pokok Aman 

Kebutuhan bahan pokok tetap tersedia pada Desember besok

Bandung, IDN Times - Menjelang libur Hari Natal dan tahun baru 2021, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung memastikan stok bahan pokok di toko modern dan pasar tradisional aman.

"Pasokan tersedia, tidak usah khawatir sampai Natal dan tahun baru dijamin ada di toko modern ritel," kata Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliah, Minggu (22/11/2020).

1. Kenaikan harga bahan pokok relatif normal

Natal dan Tahun Baru 2021, Disdagin Bandung Pastikan Bahan Pokok Aman Ilustrasi pelabuhan rakyat. ANTARA FOTO/Fiqman Sunandar

Berdasarkan pantauan Disdagin ke sejumlah toko modern dan pasar tradisional, sejumlah bahan pangan pokok dan beberapa kebutuhan lainnya tidak mengalami kenaikan harga yang signifikan.

"Harga relatif stabil. Ada lonjakan di beberapa bahan pokok, meski dalam kondisi relatif normal," ungkapnya.

2. Harga cabai dan telur saat ini mengalami kenaikan

Natal dan Tahun Baru 2021, Disdagin Bandung Pastikan Bahan Pokok Aman ANTARA FOTO/Ampelsa

Adapun komoditi bahan pokok yang mengalami kenaikan itu yakni telur dan cabai. Namun, kenaikan yang terjadi masih sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) Pemerintah Kota Bandung.

"Harga telur ayam pada dua pekan lalu sebesar Rp21 ribu per kilogram namun pada satu minggu terakhir naik menjadi Rp24-25 ribu per kilogram. Masih sesuai HET," jelasnya.

3. Harga cabai tidak naik secara signifikan

Natal dan Tahun Baru 2021, Disdagin Bandung Pastikan Bahan Pokok Aman ilustrasi komoditas cabai di pasar tradisional. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Untuk harga cabai yang naik, Elly melanjutkan, sebenarnya tidak melonjak hingga angka yang signifikan. Hal ini diketahui sudah sejak beberapa pekan kemarin. Ia berharap lonjakan harga tidak akan terjadi secara besar-besaran pada Desember mendatang.

"Harga cabai merah mengalami kenaikan dari harga rata-rata Rp30 ribu lebih menjadi Rp55-60 ribu. Bahan pokok relatif normal," katanya.

4. Desember besok Disdagin akan buat bazar

Natal dan Tahun Baru 2021, Disdagin Bandung Pastikan Bahan Pokok Aman Ilustrasi pasar tradisional (IDN Times/Besse Fadhilah)

Elly menambahkan, untuk mengurangi terjadinya lonjakan harga pada Desember mendatang, Disdagin Bandung memiliki beberapa cara untuk menanganinya. Di antaranya ialah membuat bazar dan mendorong toko ritel menjual bahan makanan pokok dengan murah.

Adapun pada 2 Desember 2020 mendatang, Disdagin Bandung akan bekerjasama dengan Pertamina untuk menjual gas melon tiga kilogram sebanyak 560 tabung dengan harga pangkalan Rp16.600. Selain itu, bekerjasama dengan Bulog Jabar dan ritel serta toko modern menyediakan paket sembako yang dijual murah dari pasaran. 

Baca Juga: Kabar Gembira! Pemkot Bandung Putuskan UMK 2021 Naik 0,27%

Baca Juga: Pemkot Bandung Akui Kenaikan Kasus COVID-19 Akibat AKB yang Longgar

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya