Comscore Tracker

Monumen COVID-19 Jabar Diresmikan pada Hari Pahlawan 10 November 2021

Monumen ini terletak di depan Lapangan Gasibu, Kota Bandung

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa  Barat (Jabar) akan meresmikan Monumen Gasibu sebagai monumen pahlawan COVID-19 pada 10 November 2021. Pembangunan tugu yang terletak di Jalan Surapati, Kota Bandung, ini terlihat sudah hampir rampung.

Ridwan Kamil alias Emil, Gubernur Jabar mengatakan, saat ini proses pembangunan monumen pahlawan COVID-19 di Kota Bandung terus berjalan. Seluruh nama para pejuang akan tertulis dalam monumen itu.

Menurut Emil, monumen ini sangat penting untuk diketahui generasi mendatang bahwa banyak pejuang asal Jabar yang gugur dalam pandemik COVID-19.

"Menjadi pengingat kepada kita dan generasi setelahnya akan tragedi ini, agar kita tidak melupakan sejarah, untuk mawas diri, selalu bersiap dan tetap tangguh menyongsong masa depan. (Monumen in) akan diresmikan di Hari Pahlawan 10 November 2021," ujar Emil melalui akun Twitter, Rabu (13/10/2021).

1. Monumen itu sudah dikerjakan sebelum COVID-19

Monumen COVID-19 Jabar Diresmikan pada Hari Pahlawan 10 November 2021Humas/Pemprov Jabar

Emil bilang, Monumen Gasibu sudah jadi sejak sebelum pandemi COVID-19. Guna menghormati perjuangan para tenaga kesehatan sebagai garda terdepan penanganan COVID-19, Pemda Provinsi Jawa Barat mengajukan ke Pemerintah Pusat Monumen Gasibu sebagai monumen perjuangan pahlawan COVID-19.

"Monumen ini dibangun sebelum COVID-19, bukan dilaksanakan saat COVID-19 ada, tetapi selesai menjelang COVID-19 dan merupakan program lama. Sekarang kita akan dedikasikan kepada pahlawan COVID-19 yang meninggal," jelasnya.

2. Akan ada patung di sekitar monumen

Monumen COVID-19 Jabar Diresmikan pada Hari Pahlawan 10 November 2021Humas/Pemprov Jabar

Selain pintu gerbang yang kini menjadi fasad Monumen Gasibu, nanti akan ada dua patung yang melambangkan kesedihan sekaligus ketangguhan.

"Gerbangnya membatasi antara masa lalu dan masa depan, darurat-terkendali, sedih-bahagia. Nanti ada dua patung, satu tentang kesedihan dua tentang ketangguhan," ungkapnya.

3. Presiden kemungkinan akan turut meresmikan monumen itu

Monumen COVID-19 Jabar Diresmikan pada Hari Pahlawan 10 November 2021Humas/Pemprov Jabar

Emil menambahkan, rencananya monumen didedikasikan untuk garda terdepan penanganan COVID-19 yang telah gugur itu akan diresmikan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo tepat di peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021.

"Nanti akan diresmikan tanggal 10 November 2021 oleh Bapak Presiden. Suratnya akan dikirim, kalau tidak ada halangan, Pak Presiden akan ke Bandung mengapresiasi pahlawan COVID-19 di Indonesia," kata dia.

Baca Juga: Pemprov Jabar Bangkitkan Kembali Wisata Rindu Alam Bogor

Baca Juga: Pemprov Jabar Diminta Berikan Bibit Unggul buat Petani Subang

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya