Comscore Tracker

Malam Tahun Baru 2022, 10 Jalan di Kota Bandung Ini Ditutup

Hanya ada 10 titik penyekatan di ring satu

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan Polrestabes Bandung akan menutup sepuluh titik ruas jalan saat malam tahun baru 2022. Penutupan itu diterapkan dalam masa Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

"Kami akan mengadakan penutupan jalan di ring satu sebanyak sepuluh titik. Itu diberlakukan pada saat malam tahun baru mulai pukul 18.00 WIB sampai 05.00 WIB yang akan dijaga Satlantas, Dishub, maupun Satpol PP," ujar AKP Asep Kusmana, Kepala Dikyasa Satlantas Polrestabes Bandung di Balai Kota Bandung Kamis (2/12/2021).

Rencana ruas jalan yang akan ditutup ini ialah Jalan Asia Afrika-Tamblong, Jalan Naripan-Tamblong, Jalan Braga-Naripan, Jalan Banceuy-Asia Afrika, Jalan Lembong-Tamblong. Sepanjang Jalan Merdeka, sepanjang jalan Ir H. Djuanda (Dago), Jalan Purnawarman, Jalan Dipatiukur, dan Alun-Alun Timur.

1. PPKM level 3 harus dibatasi 50 persen

Malam Tahun Baru 2022, 10 Jalan di Kota Bandung Ini DitutupInstagram Aditya_r1499

Selain di ring satu, petugas gabungan juga akan melakukan buka tutup jalan di pusat keramaian lainnya. Namun, Asep mengatakan, jika kondisi menimbulkan keramaian dan tidak sesuai aturan maka akan langsung ditutup.

"Level tiga itu 50 persen yang diperbolehkan, jadi kalau sudah melebihi kapasitas 50 persen akan dilakukan rekayasa atau pengalihan ke arah masuk lokasi tersebut," ungkapnya.

2. Ada pengecualian untuk penduduk lokal

Malam Tahun Baru 2022, 10 Jalan di Kota Bandung Ini DitutupANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Meski begitu, ada beberapa kendaraan yang tetap diizinkan melalui beberapa jalur yang sudah ditutup. Warga setempat yang memiliki kepentingan mendesak diizinkan untuk melintas secara langsung.

"Nanti ada pengecualian untuk penutupan jalan pengecualian untuk yang akan masuk ke hotel, penduduk setempat ada kepentingan mendesak, ambulans, dan beberapa kendaraan lainnya. Nanti tinggal memberikan keterangan tentang keperluannya seperti apa," ucapnya.

3. Ada 550 personel akan diterjunkan saat malam tahu baru

Malam Tahun Baru 2022, 10 Jalan di Kota Bandung Ini DitutupANTARA FOTO/M. Agung Rajasa

Petugas gabungan juga akan melakukan koordinasi dengan pengelola hotel-hotel atau para pelaku usaha yang terdampak penutupan. Adapun personel yang akan diturunkan lebih dari 550 pasukan dan akan berjaga saat malam tahun baru 2022.

"Penutupan ruas jalan saat malam natal tidak dilakukan, mengingat banyak masyarakat yang melaksanakan ibadah. Namun tetap akan melakukan penjagaan dengan ketat," kata dia.

Baca Juga: Simalakama Penetapan UMK 2022 di Jatim, Giliran Pengusaha yang Sambat

Baca Juga: Doa Akhir Tahun, Menyambut Tahun Baru 2022 yang Penuh Berkah

Baca Juga: Wali Kota Bandung Ajukan UMK Bandung Naik Rp118 Ribu

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya