Langkah Ridwan Kamil Tangani Kasus Sifilis Terbesar Kedua di Indonesia

Ridwan Kamil minta warga hindari gaya hidup seksual berisiko

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil turut merespon soal tingginya kasus sifilis atau raja singa di Jabar. Bahkan, Kementerian Kesehatan menyatakan kasus raja singa di Jabar tertinggi kedua di Indonesia setelah Provinsi Papua.

Berdasarkan data Kemenkes, banyaknya kasus di Jabar ini diketahui karena tertib melakukan testing kasus sifilis sejak 2018-2022, dan tercatat ada 305.816 testing di Jabar, ditemukan 3.186 kasus positif sifilis, kemudian 1.500 di antaranya mendapatkan pengobatan.

1. Pemprov Jabar lakukan beberapa tindakan

Langkah Ridwan Kamil Tangani Kasus Sifilis Terbesar Kedua di IndonesiaGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Menanggapi persoalan ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, screening terhadap masyarakat akan terus dilakukan. Sebab, hal ini dirasakannya bisa sebagai langkah awal penanganan dari penyakit raja singa.

"Kasus sifilis ini kami melakukan beberapa tindakan, satu melakukan screening sampai ke level kecamatan kepada populasi kunci dan kepada ibu hamil juga. Sehingga, diharapkan di situ bisa dianalisa dan potensi untuk penurunannya," kata Ridwan Kamil, Selasa (6/6/2023).

2. Masyarakat harus kedepankan gaya hidup sehat

Langkah Ridwan Kamil Tangani Kasus Sifilis Terbesar Kedua di IndonesiaGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Selain itu, Emil mendorong agar masyarakat bisa menghindari gaya hidup perilaku seksual yang dapat menimbulkan penyakit serius. Ia juga meminta masyarakat agar melakukan tindakan gaya hidup sehat agar bisa terhindar dari berbagai penyakit lainnya.

"Hindari pola gaya hidup yang punya potensi kepada berbagai penyakit, tidak hanya sifilis. Penyakit yang berhubungan dengan seksual misalkan, dan lain-lain itu harus diwaspadai," ungkapnya.

3. Benteng keimanan juga harus ditingkatkan

Langkah Ridwan Kamil Tangani Kasus Sifilis Terbesar Kedua di IndonesiaGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Menurutnya, penyakit bakteri sifilis ini ada pengaruh dari cara berinteraksi seksual dan beberapa faktor lainnya. Sehingga, Emil meminta masyarakat lebih mengedepankan kesehatan yang paripurna untuk alat reproduksi.

"Selain itu, tingkatkan juga spiritualitas sebagai benteng moril dalam menjaga kita. Oh iya obat sifilis sudah disalurkan ke puskesmas-puskesmas," kata dia.

Baca Juga: Waspada! Jabar 'Juara' Kedua Kasus Sifilis di Indonesia 

Baca Juga: Tanda dan Gejala Sifilis Berdasarkan Tahapan Penyakitnya

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya