Laku Rp4,2 Juta, Ridwan Kamil Berikan Uang Jualan NFT kepada Pelukis Braga

NFT merupakan cara baru dalam mensejahterakan seniman

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil memberikan uang hasil penjualan kaligrafi pelukis Braga, Solihin melalui Non-Fungible Token (NFT) di platform Opensea. Uang ini laku sebesar 0,09 ETH atau Rp4,2 juta.

Menurut Emil, hasil penjualan lukisan Solihin membuktikan bahwa teknologi bisa membuka cara baru dalam mensejahterakan seniman. Sehingga, cara ini harus dilakukan banyak seniman.

"Eksperimen menjual lukisan di digital itu ternyata berhasil. Yang biasanya dijual Rp500-Rp1 juta, sekarang bisa Rp4,2 juta. Bahkan lukisan saya pun terjual lumayan lah. Ini membuktikan cara baru dalam mensejahterakan pelaku seni," ujar Emil melalui keterangan resminya, Rabu (26/1/2022).

1. Ridwan Kamil berharap lukisan NFT bisa menjadi cerita inspiratif

Laku Rp4,2 Juta, Ridwan Kamil Berikan Uang Jualan NFT kepada Pelukis BragaGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (istimewa)

Dalam kondisi saat ini, Emil mangatakan, seniman harus mulai beradaptasi mempelajari dunia digital karena teknologi akan terus berkembang dan jangan sampai terlewatkan.

"Mudah-mudahan hari ini cerita di Braga menjadi inspirasi buat semua. Kan sudah disampaikan bisa mengikuti jejak ini. Nanti bisa dua cara, bukan akun sendiri walaupun rada rumit atau nebeng ke kita," kata Emil.

2. Solihin bersyukur karya kolaborasinya bawa untung besar

Laku Rp4,2 Juta, Ridwan Kamil Berikan Uang Jualan NFT kepada Pelukis BragaGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (istimewa)

Ridwan Kamil dan Solihin pada akhir November 2021 lalu berkolaborasi membuat eksperimen menjual karya lukisannya yang telah didigitalisasi di NFT. Atas pemberian uang NFT itu, Solihin menyampaikan rasa syukur yang tak terhingga.

"Ya saya gembira banget apalagi dengan seorang Pak Ridwan Kamil sudah tak terhingga bangganya," katanya.

Solihin mengaku, kaget bisa berkolaborasi dengan Ridwan Kamil. Ia tidak menyadari bahwa karya ini akan menghasilkan banyak keuntungan dibandingkan menjual lukisan secara langsung.

"Dulu ceritanya di luar dugaan seperti biasa nongkrong di lapak, tiba-tiba Kang Emil datang dan menawarkan konsep seperti ini dan berhasil," ungkapnya.

3. Komunitas pelukis sudah banyak yang mau respons

Laku Rp4,2 Juta, Ridwan Kamil Berikan Uang Jualan NFT kepada Pelukis BragaIlustrasi Karya Lukisan Karikatur (ANTARA FOTO/Alya Rahma Widyanti)

Untuk penjualan lukisan secara langsung, Solihin mengungkapkan, Ia dalam satu hari bisa menjual satu lukisan seharga Rp500 ribu hingga Rp1 juta. Namun, saat dibeli lewat NFT lukisan Solihin terjual Rp4,2 juta.

"Dari komunitas pelukis mulai merespons tapi belum banyak yang berminat karena mungkin belum paham caranya. Saya pengen jual karya lagi di NFT," kata dia.

Baca Juga: Ghozali Sukses Jadi Miliader Berkat NFT, Ridwan Kamil: WAGMI!

Baca Juga: Seperti Ghozali Everyday, Ridwan Kamil Juga Jual Aset di NFT 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya