Komedian Komeng Nyalon di Pemilihan DPD RI Asal Jabar

Selain Komeng ada artis lain yang mendaftarkan diri

Bandung, IDN Times - Komedian Komeng bakal meramaikan bursa pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) asal Jawa Barat (Jabar). Pria bernama asli Alfiansyah Bustami itu kini tengah melengkapi berkas pendaftaran di KPU Jabar.

Komisioner KPU Jabar, Endun Abdul Haq mengatakan, komedian Komeng benar mendaftarkan diri sebagai calon DPD RI asal Jabar. Namun, ada beberapa berkas yang harus dipenuhi oleh Komeng.

"Beliau (Komeng) benar mendaftarkan diri. Sekarang masih pemberkasan, pada 4-6 Februari 2023 di rekap dan diumumkan yang lolos verifikasi administrasi (vermin)," ujar Endun saat dihubungi, Kamis (26/1/2023).

1. Pemberkasan bakal calon DPD RI asal Jabar masih berjalan

Komedian Komeng Nyalon di Pemilihan DPD RI Asal Jabarpotret Komeng dan Valentino Rossi (dok. YouTube.com/ Yamaha Motor Indonesia)

Endun menjelaskan, pendaftaran bakal calon DPD RI asal Jabar sudah digelar sejak beberapa waktu kemarin. Saat ini para bakal calon tengah melakukan penyiapan pemberkasan. Adapun total yang sudah mendaftarkan diri ada 59 bakal calon.

"Dari 59 bacalon, yang datang melakukan perbaikan 48 bacalon, baik yang memenuhi syarat (MS) diawal maupun belum memenuhi syarat (BMS). Sejumlah 11 bacalon tidak datang untuk melakukan perbaikan karena sudah MS di awal. Sejumlah 17 bacalon memohon perpanjangan waktu 2x24 jam," katanya.

2. Advokat hingga incumbent turut mendaftarkan diri

Komedian Komeng Nyalon di Pemilihan DPD RI Asal JabarIDN Times/Debbie Sutrisno

Dalam proses pendaftaran DPD RI asal Jabar, bakal banyak wajah baru dari berbagai kalangan. Namun, Endun memastikan, ada juga beberapa incumbent yang turut mendaftarkan diri untuk menjadi legislator non-partai ini.

"Yang mendaftarkan diri ada incumbet, advokat, lembaga pendidikan, wiraswasta, pekerja seni, artis dan lainnya," ucapnya.

3. KPU Jabar belum bisa sebut nama yang resmi menjadi calon DPD RI asal Jabar

Komedian Komeng Nyalon di Pemilihan DPD RI Asal JabarLogo KPU (journal.kpu.go.id)

Endun memastikan, hingga saat ini belum ada nama yang bisa diumumkan menjadi calon resmi DPD RI asal Jabar. Proses verifikasi administrasi kini masih ditempuh para bakal calon.

Sehingga, nama pasti yang lolos termasuk Komeng, masih belum bisa diungkapkan ke publik.

"Belum bisa kami sampaikan, proses masih lama, saat ini saja masih verifikasi administrasi," kata dia.

Baca Juga: KPU Jabar Mulai Jaring Bakal Calon Anggota DPD untuk Pemilu 2024

Baca Juga: Verifikasi Faktual Pemilu 2024: KPU Jabar Terima Enam Berkas Parpol

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya