Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Oded M Danial untuk Millennial Bandung

Anak muda saat ini harus memiliki jiwa Pancasila

Bandung, IDN Times - Wali Kota Bandung Oded M Danial memberikan pesan bagi millennial dalam Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Kamis(1/10/2020). Menurut Oded, Pancasila sudah final dan tidak bisa digantikan oleh ideologi manapun.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kota Bandung tetap dilakukan sederhana di tengah pandemik COVID-19. Wali Kota Bandung Oded M Danial mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual dari Pendopo Kota Bandung bersama Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

1. Pancasila tidak bisa diganti dengan paham apapun

Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Oded M Danial untuk Millennial BandungIDN Times/Humas Bandung

Oded menuturkan, Pancasila saat ini tidak bisa digantikan oleh idiologi-idiologi lain. Anak muda menurutnya, harus mengamalkan semua butir nilai-nilai yang ada pada Pancasila. 

"Pancasila itu sesuatu yang final. Ia adalah hasil pemikiran dari founding father atau pendiri negara ini," ujar Oded berdasarkan keterangan resmi, Kamis (1/10/2020).

2. Nilai Pancasila sudah sejalan dengan nilai apapun

Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Oded M Danial untuk Millennial Bandung(Oded M. Danial saat ditanya KPK di Sahabara Kota Bandung) IDN Times

Ia menyebut, tidak ada hal yang bisa menggeser Pancasila sebagai dasar negara. Ia menjadi ruh dari segala nilai luhur budaya bangsa, dan menjadi nafas yang dihembuskan semua agama.

"Nilai-nilai Pancasila itu pasti sejalan dengan agama apapun," ucapnya.

3. Pancasila tidak bertentangan dengan agama Islam

Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Oded M Danial untuk Millennial Bandung(Oded M. Danial saat ditanya KPK di Sahabara Kota Bandung) IDN Times

Kemudian, Ia juga percaya, setiap agama mengajarkan kebaikan, sebagaimana Pancasila yang harus tertanam dalam jiwa setiap warga negara.

"Saya sebagai orang Islam tidak setuju kalau ada yang mengatakan Pancasila itu bertentangan dengan Islam. Sila pertamanya saja Ketuhanan yang Maha Esa, artinya Pancasila diperuntukkan bagi seluruh umat beragama," tuturnya.

4. Anak muda harus mengamalkan setiap nilai Pancasila

Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Oded M Danial untuk Millennial Bandung(Oded M. Danial saat ditanya KPK di Sahabara Kota Bandung) IDN Times

Ia menambahkan, kepada seluruh warganya, khususnya generasi muda agar memperteguh keyakinannya akan Pancasila sebagai pemersatu bangsa Indonesia.

"Anak-anak muda ini yang menjadi penerus tongkat estafet perjuangan. Jangan sampai nilai-nilai mulia yang telah dibangun oleh pendahulu kita ini disia-siakan," kata dia.

Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Oded M Danial untuk Millennial BandungInfografis Gerakan 3M (IDN Times/Ryann Rezza Ardiansyah)

Baca Juga: Ini Sejarah Singkat Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya