Comscore Tracker

Kebakaran Kantor Bappelitbang, Ridwan Kamil: Jangan Hakimi Pelaku

Masyarakat diminta menunggu hasil penyelidikan kepolisian

Bandung, IDN Times - Gedung Balai Penelitian, Perencanaan, dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung di Jalan Aceh, hangus terbakar pada Senin(7/11/2022). Belum diketahui pasti penyebab kebakaran yang menghabiskan isi bangunan berlantai dua tersebut.

Namun, seorang mandor proyek pengerjaan Gedung Bappelitbang telah diamankan oleh petugas dari Polrestabes Bandung. Dirinya diamankan karena diduga sebagai pelaku penyebab terjadinya kebakaran.

Menanggapi hal ini, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil meminta masyarakat jangan menghakimi mandor tersebut. Dia juga masih belum tahu penyebab peristiwa itu.

"Belum bisa menyimpulkan karena polisi masih melakukan penyelidikan, yang viral juga belum tentu, jangan dulu dihakimi bisa saja hal ini terjadi hal sifatnya teknis," ujar Emil saat meninjau lokasi kebakaran, Selasa (8/11/2022).

1. Ridwan Kamil belum tahu penyebab pasti kebakaran

Kebakaran Kantor Bappelitbang, Ridwan Kamil: Jangan Hakimi PelakuGubernur Jabar Ridwan Kamil didampingi Ema Sumarna tinjau bekas kebakaran kantor Bappelitbang Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Emil mengatakan, polisi juga kini tengah melakukan penyelidikan. Sehingga, ada baiknya masyarakat menunggu terlebih dahulu hasil dari kepolisian dan jangan membuat spekulasi atau menyudutkan salah satu pihak.

"Saya belum bisa sampaikan apa penyebabnya, nanti juga ada waktunya apapun itu, tugas dari kita menunggu hasil dari kepolisian," ungkapnya.

2. Kebakaran ini juga harus jadi momentum Pemkot Bandung cek keamanan bangunan

Kebakaran Kantor Bappelitbang, Ridwan Kamil: Jangan Hakimi PelakuGubernur Jabar Ridwan Kamil didampingi Ema Sumarna tinjau bekas kebakaran kantor Bappelitbang Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Peristiwa kebakaran ini juga harus menjadi evaluasi oleh Pemkot Bandung. Emil meminta, seluruh bangunan milik pemkot bisa dicek kembali mengenai keamanan dari kebakaran. Hal itu penting dilakukan agar tidak terjadi peristiwa serupa.

"Ini juga momentum Pemkot Bandung mengingatkan agar semua aset bangunan dicek kembali jaga-jaga," ucapnya.

3. Polisi tengah melakukan penyelidikan dari kasus ini

Kebakaran Kantor Bappelitbang, Ridwan Kamil: Jangan Hakimi PelakuKantor Bappelitbang yang ada di dalam komplek Bali Kota Bandung dilahap Si Jago Merah pada Senin (7/11/2022) pukul 10:30 WIB. (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Seperti diketahui, Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung mengatakan, ada sejumlah orang yang akan dimintai keterangan terkait kebakaran ini. Olah TKP juga kini tengah dilakukan.

"Seperti biasanya olah TKP, kami akan memeriksa dan memintai keterangan beberapa orang atau banyak orang yang ada di sekitar TKP," kata dia kepada wartawan pada Senin (7/11/2022).

Aswin menegaskan, polisi telah mengamankan sejumlah orang yang berkaitan denga kebakaran itu. Adapun l inisialnya masih dirahasiakan dan belum bisa disampaikan ke publik.

"Ada beberapa tapi belum kami sampaikan nanti setelah selesai beberapa yang kita amankan akan kita infokan lebih lanjut," kata dia.

Baca Juga: Kantor Bappelitbang Bandung Kebakaran, Ridwan Kamil Prihatin

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya