Jelang Paskah, Polda Jabar Perketat Keamanan Gereja

Pengamanan maksimal dilakukan menyusul maraknya aksi teroris

Bandung, IDN Times - Kepolisian Daerah Jawa Barat akan memperketat pengamanan jelang perayaan Paskah umat Kristiani pada Jumat (2/4/2021). Sejumlah gereja-greja di Jabar dipastikan akan diperketat pengawasannya. 

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A. Chaniago mengatakan, pengamanan dilakukan menysul adanya sederet aksi terorisme yang terjadi di Indonesia, termasuk penangkapan terduga teroris di wilayah Kabupaten Bandung.

"Kami akan melakukan pengamanan semaksimal mungkin agar para jemaah dapat melakukan secara khusyuk. Polisi sudah mengamankan kegiatan itu," ujar Erdi di Mapolda Jabar, Kamis (1/4/2021).

1. Semua personel polisi dilibatkan dalam pengamanan

Jelang Paskah, Polda Jabar Perketat Keamanan GerejaIDN Times/Azzis Zulkhairil

Dua skema yang akan diterapkan oleh pihak kepolisian yaitu dengan pengamanan terbuka dan tertutup. Erdi bilang, sebelum penerapa pada hari paskah, polisi akan terlebih dahulu mengecek seluruh persiapan dari gereja di Jabar.

"Pengaman dari polda dan polres kita sudah lakukan. Kami screening, sterilisasi, dan patroli di tempat ibadah. Sementara itu dari Satker Binmas dan Sabhara kita libatkan," katanya.

2. Polisi sterilisasi sekitar gereja di Jawa Barat

Jelang Paskah, Polda Jabar Perketat Keamanan GerejaIlustrasi teroris (IDN Times/Mardya Shakti)

Rentetan aksi terorisme yang terjadi belakangan ini sudah mengganggu ketertiban umum dan stabilitas negara. Sehingga, menurutnya, upaya pengamanan dilakukan agar tidak terjadi peristiwa serupa saat umat kristiani menggelar Paskah.

"Sebelum perayaan, kami juga dari kepolisian melakukan screening atau sterilisasi dengan menurunkan Jibom (penjinak bom), dari Brimob," katanya.

3. Polisi belum pastikan jumlah personel yang akan dikerahkan

Jelang Paskah, Polda Jabar Perketat Keamanan GerejaIlustrasi Bom (Teroris) (IDN Times/Mardya Shakti)

Disinggung soal berapa jumlah personel yang akan diturunkan oleh Polda Jabar, Erdi mengaku belum mengetahui secara pasti. Yang terang, kata dia, umat kristiani dapat beribadah dengan jaminan keamanan.

"Nanti kita menunggu konfirmasi dari daerah-daerah dahulu berapa kekuatannya," kata dia.

Baca Juga: [BREAKING] Polisi Gerebek Tempat Terduga Teroris di Kabupaten Bandung

Baca Juga: Terduga Teroris Ditangkap, Polisi Geledah Rumah di Kabupaten Bandung

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya