Comscore Tracker

Jabar Siaga I COVID-19, Kalapas Sukamiskin Pastikan Setnov Sehat

Lapas Sukamiskin akan segera cek kesehatan narapidana

Bandung, IDN Times - Penetapan status Jabar Siaga I terhadap COVID-19 beberapa hari lalu oleh Gubernur Ridwan Kamil, membuat Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin mulai memperketat kunjungan dan memeriksa narapidana atau napi.

Pemeriksaan napi diberlakukan kepada seluruh warga yang tinggal di Lapas Sukamiskin, salah satunya adalah Setya Novanto, terpidana kasus E-KTP yang kini sudah mendekam di Lapas Sukamiskin sejak beberapa bulan lalu.

1. Sukamiskin cek kesehatan pengunjung

Jabar Siaga I COVID-19, Kalapas Sukamiskin Pastikan Setnov SehatIDN Times/Azzis Zulkhairil

Kepala Lapas Sukamiskin, Abdul Karim, mengatakan saat ini Sukamiskin mulai memperketat atau memberikan pelayanan tambahan terkait edaran Jabar siaga I Penanganan Corona.

"Betul kita memberikan pengecekan kepada pengunjung dan itu sudah aturan dari Kadivpas Kemenkumham Jabar," ujar Karim saat dihubungi IDN Times, Jumat (13/3).

2. Napi juga akan dicek kesehatannya

Jabar Siaga I COVID-19, Kalapas Sukamiskin Pastikan Setnov SehatIDN Times/Galih Persiana

Karim menjelaskan, selain memberikan penjagaan atau pengecekan kesehatan daripada pengunjung lapas, napi juga nantinya akan dicek kesehatannya. Hal tersebut sesuai dengan perintah dari Kanwil Kemenkumham Jabar

"Antisipasi tetap ada dan akan kami lakukan. Seperti besok mengecek suhu tubuh pengunjung yang masuk ke lapas," ungkapnya.

3. Alhamdulillah Setnov Sehat

Jabar Siaga I COVID-19, Kalapas Sukamiskin Pastikan Setnov SehatKalapas Sukamiskin Abdul Karim (IDN Times/Galih Persiana)

Disinggung soal kabar kesehatan dari Setnov pasca-ditetapkannya Jabar Siaga I pencegahan virus corona, Karim memastikan bahwa Setnov dalam keadan sehat dan baik-baik saja.

Sayangnya ketika ditanya perihal pengecekan kesehatan akan berlangsung pada waktu kapan, Karim tidak menjelaskannya. Ia hanya menyebut Setnov dalam keadaan sehat.

"Alhamdulillah pak Setnov dalam keadaan sehat," singkatnya.

4. Kemenkumham Jabar perintahkan seluruh lapas cek kesehatan napi dan pengunjung

Jabar Siaga I COVID-19, Kalapas Sukamiskin Pastikan Setnov SehatIDN Times/Wira Sanjiwani

Diberitakan sebelumnya, Kemenkumham Jabar memastikan bahwa sejauh ini virus corona tidak menyerang narapidana atau napi di lembaga Pemasyarakatan se-Jabar. Ia pun mengaku sudah menugaskan seluruh lapas untuk melakukan pengecekan kesehatan kepada pengunjung dan warga binaan.

"Alhamdulillah semua rutan dan lapas se-Jabar negatif, kita sudah kerja sama dengan dinas kesehatan kabupaten/kota, semuanya dalam kondisi baik-baik," ujar Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Abdul Haris.

Baca Juga: Siaga I COVID-19, Kemenkumham Jabar: Tidak Ada Napi Terpapar Corona

Baca Juga: Satu Orang dari Karawang Masuk PDP Virus Corona di RSHS Bandung

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya