Comscore Tracker

Jabar Butuh 10 Medali Emas untuk Menjadi Juara Umum PON Papua

Jika 10 mendali emas diraih hari ini Jabar dipastikan Juara

Bandung, IDN Times - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat (Jabar) menyatakan bahwa tim Jabar membutuhkan raihan 10 medali emas agar bisa menjadi juara umum dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021.

Gunaryo, Kabid Pusat Pengolahan Data (Pulahta) KONI Jabar mengatakan, pada hari ini tim Jabar akan turut serta memperebutkan 71 medali emas. Adapun target Jabar hari ini harus mendapat 10-12 medali emas.

"Seandainya kami hari ini menghasilkan 10 emas, Insyallah kami juara umum sudah ditangan kita," ujar Gunaryo saat dihubungi, Kamis (13/10/2021).

1. Hanya cukup mengincar 12 medali emas dari 71 medali yang diperebutkan

Jabar Butuh 10 Medali Emas untuk Menjadi Juara Umum PON PapuaPelari Sumut Agustina Mardika Damanik bersama sang suami Asmara Bara (Jawa Barat) usai memenangkan lari 1.500 meter putri PON XX Papua di Stadion Atletik, Mimika Sport Complex, Senin (11/10/2021). (Dok.PB PON XX Papua / Rommy Pujianto)

Jika hari ini Jabar sudah meraih 10 mendali emas, Gunaryo mengatakan, tidak perlu menunggu untuk mendapatkan emas pada hari berikutnya. Sebab, selisih perolehan emas dengan provinsi lain tergolong cukup jauh.

"Final kami hari ini hampir semua pertandingan ada, karate, tinjur, badminton, catur, biliar, angkat berat, itu adalah poin yang kami kejar, dan kami satu emas udah berhasil tadi dari dayung," ungkapnya.

2. Hari ini Jabar berpotensi banyak meraih mendali emas

Jabar Butuh 10 Medali Emas untuk Menjadi Juara Umum PON PapuaPelari Sumut Agustina Mardika Damanik memenangkan lari 1.500 meter putri PON XX Papua di Stadion Atletik, Mimika Sport Complex, Senin (11/10/2021). (Dok.PB PON XX Papua / Rommy Pujianto)

KONI Jabar memprediksi bahwa akan ada tambahan dua medali emas, dari karate dan tinju. Ia mengatakan, hal itu masih prediksi dan belum dipastikan mendapatkan raihan emas. Namun, atlet Jabar dipastikan dalam kondisi baik sebelum berlaga.

"Tinju yang kami prediksi dua emas, tapi kami menempatkan empat finalis di tinjur, kami harap lebih dari dua, badminton perorangan, kami tidak ikut di ganda campuran, dan ganda campuran itu dimenangkan oleh Jatim," katanya.

3. Jabar mengalahkan DKI Jakarta dan Papua

Jabar Butuh 10 Medali Emas untuk Menjadi Juara Umum PON PapuaGubenur Jabar Ridwan Kamil (Dok.Humas Jabar)

Melansir dari laman ponxx2021papua.com pada Rabu (13/10/2021) pada pukul 09:00 WIB, Jabar meraih emas sebanyak 295 medali, 110 emas, 87 perak, 98 perunggu. Perolehan Jabar sangat jauh jika dibandingkan dengan tuan rumah, Papua.

Papua menduduki peringkat ke empat dengan perolehan, emas 80, perak 50, perunggu 88, dengan total 218. Adapun PON Papua akan ditutup oleh pemerintah pusat pada Jumat 15 Oktober 2021.

Baca Juga: PON Papua Segera Ditutup, Jabar Masih Jadi Juara

Baca Juga: Klasemen PON Papua, Banten Kembali Naik ke Posisi 12 

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya