Ini Pernyataan Rudy Sufahriadi Sebelum Dicopot dari Kapolda Jabar

Rudy dinilai tidak melaksanakan perintah protokol kesehatan

Bandung, IDN Times - Kapolri Jenderal Idham Azis mencopot Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Rudy Sufahriadi dari jabatannya pada Senin (16/11/2020). Pencopotan ini berdasarkan surat keputusan Kapolri nomor ST 3222/XI/Kep/2020 tanggal 16 November 2020.

Pria yang akrab dengan panggilan Rudy Gajah ini dicopot bersamaan dengan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana. Keduanya dinilai tidak melaksanakan perintah protokol kesehatan virus corona (COVID-19).

1. Rudy menilai acara Rizieq Shihab di Megamendung tidak perhatikan protokol kesehatan

Ini Pernyataan Rudy Sufahriadi Sebelum Dicopot dari Kapolda JabarIDN Times/Galih Persiana

Sebelum dicopot dari jabatannya, Rudy sempat menegaskan bahwa kegiatan Rizieq Shihab yang dihadiri ribuan warga di Megamendung, Bogor, telah mengabaikan protokol kesehatan COVID-19. Ia menilai, dari acara ini banyak protokol kesehatan yang tidak dijalankan secara maksimal.

"Nomor satu kerumunan orang, nomor dua jaga jarak, yang ketiga yang pakai masker masih banyak yang tidak disiplin," ujar Rudy usai menghadiri acara Hari Ulang Tahun Brimob di Markas Brimob Polda Jawa Barat, Sumedang, Sabtu (14/11/2020).

2. Kasus di Megamendung akan dibahas Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Jabar

Ini Pernyataan Rudy Sufahriadi Sebelum Dicopot dari Kapolda JabarIDN Times/Galih Persiana

Selain itu, Ia menegaskan bahwa atas apa yang terjadi di Megamendung, Bogor akan menjadi bahan evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Barat. Menurutnya, kejadian itu seharusnya tidak boleh terjadi.

"Nanti dalam rapat Gugus Tugas, saya bersama Gubernur, Pangdam, pak Kajati, ketua DPRD Jabar, sama-sama kita akan bahas dalam rapat Gugus Tugas pekan depan," kata dia.

3. Rudy imbau masyarakat tertib protokol kesehatan

Ini Pernyataan Rudy Sufahriadi Sebelum Dicopot dari Kapolda JabarIDN Times/Galih Persiana

Rudy menuturkan, dalam kondisi pandemik seperti saat ini masyarakat ada baiknya tidak mengabaikan protokol kesehatan, terutama membuat kerumunan yang mengundang orang banyak.

"Hari Jumat kemarin yang positif di Indonesia ada 5.400 orang, rekor nasional tertinggi. Untuk itu, kita sama-sama jaga protokol kesehatan, kita jaga masyarakat dan jangan membuat resah karena kita berkerumun," jelasnya.

4. Kapolda Jabar digantikan oleh Irjen Pol Ahmad Dofiri

Ini Pernyataan Rudy Sufahriadi Sebelum Dicopot dari Kapolda JabarIDN Times/Tunggul Kumoro

Sebelumnya, Kabid Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono menyatakan bahwa Irjen Pol Irjen Rudy Sufahriadi dicopot dari jabatannya sebagai Kapolda Jabar dan digantikan dengan Irjen Ahmad Dofiri.

"Irjen Rudi Sufahradi Kapolda Jawa Barat diangkat dalam jabatan baru sebagai widekswara tingkat 1 Lemdiklat Polri. kemudian penggantinya Irjen Ahmad Dofiri sebagai Kapolda Jawa Barat," kata dia.

Baca Juga: [BREAKING] Rudy Sufahriadi Dicopot, Irjen Ahmad Dofiri Jadi Kapolda Jabar

Baca Juga: Kapolri Copot Jabatan Rudy Sufahriadi, Ini Kata Humas Polda Jabar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya