Comscore Tracker

Ini Alasan Prabowo Memilih Datangi Unhan Pasca Dilantik Menteri

Prabowo sudah lama ingin Kampus Militer

Bandung, IDN Times - Dosen Universitas Pertahanan (Unhan), Letnan Jenderal TNI (Purn) Yoedhi Swastanto mengungkapkan, alasan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memilih mengunjungi Unhan terlebih dahulu dibanding institusi lain.

Yoedhi mengatakan, Menhan Prabowo Subianto datang mengunjungi Unhan lantaran memiliki perhatian khusus kepada Sumber Daya Manusia (SDM) di Unhan.

"Kenapa kunjungan Menhan pertama ke Unhan? Itu karena beliau memberikan atensi kepada kompetensi sumber daya manusia," ujar Yoedhi disela seminar "Pasis Dikreg XLVI Sesko TNI Tahun Anggaran 2019" di gedung Sesko TNI, Jalan Martanegara, Kota Bandung, Rabu (20/11).

1. Prabowo sudah lama ingin miliki Universitas khusus militer

Ini Alasan Prabowo Memilih Datangi Unhan Pasca Dilantik MenteriIDN Times/Azzis Zulkhairil

Yoedhi menjelaskan, dalam pertemuannya, Prabowo banyak menjelaskan keinginannya yang sudah lama bahwa Indonesia harus memiliki Universitas militer. Kemudian pada saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), keinginannya tersebut terwujud.

"Pak Prabowo cerita sebagai Brigjen Kopassus ingin ada universitas militer dan tercapai di era pak SBY," kata dia.

2. SDM pertahanan merupakan unsur penting

Ini Alasan Prabowo Memilih Datangi Unhan Pasca Dilantik MenteriIDN Times/Azzis Zulkhairil

Yoedhi menambahkan, dalam rangka pembangunan pertahanan, diperlukan tata kelola SDM yang baik, jika itu terwujud, postur ketahanan pun akan baik pula. Sehingga, sambung dia, SDM sangat dipentingkan.

"Di perang itu hanya ada medali emas, kalah atau menang. Kita mau berperang karena yakin menang, kalau kalah buat apa. Beliau (Prabowo) menyampaikan demikian," jelasnya.

3. ITB diklaim miliki produk pertahanan

Ini Alasan Prabowo Memilih Datangi Unhan Pasca Dilantik MenteriIDN Times/Azzis Zulkhairil

Di tempat yang sama, Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Kadarsyah Suryadi mengatakan, sampai saat ini ITB juga menyiapkan sebanyak 71 produk yang dapat mendukung industri pertahanan dan keamanan (Hankam) RI.

"ITB telah melakukan penelitian dan pengembangan dengan berbagai pihak. Sehingga memiliki produk komersial dan Hankam," kata dia.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya