Ingin Digunakan, Pemkot Bandung Uji Coba Kursi Penonton Stadion GBLA

Masih banyak fasilitas di GBLA yang harus diperbaiki

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung ingin segera memanfaatkan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang berada di kawasan Gedebage. Sebelum Stadion GBLA bisa dimanfaatkan optimal, Pemkot Bandung melakukan uji coba kapasitas kursi penonton dalam laga latihan Persib Bandung, beberapa waktu lalu.

"Saya sudah sampaikan kapasitas GBLA itu 38.000 orang. Coba dulu dengan 5.000 penonton. Selanjutnya 10.000 penonton. Kursinya juga ada nomornya, kita bisa lihat area yang dianggap aman," ujar Wakil Wali Kota Bandung, Yana Muyana usai meninjau Pasar Kordon, Senin (3/2).

Baca Juga: Kekaisaran Sunda Empire Runtuh di Tangan Polda Jabar

1. Pemkot akui ada beberapa kerusakan di Stadion GBLA

Ingin Digunakan, Pemkot Bandung Uji Coba Kursi Penonton Stadion GBLAIDN Times/Istimewa

Yana mengatakan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyetujui penggunaan Stadion GBLA. Sehingga sebelum digunakan untuk pertandingan resmi, ada baiknya diujicobakan terlebih dahulu.

"Sebelumnya Pak Menteri sudah sampaikan bahwa 2015 itu sudah ada SLF (Sertifikat Layak Fungsi) untuk GBLA pada konstruksinya aman. Namun, memang ada beberapa kerusakan," ungkapnya.

Baca Juga: Ini Sosok yang Hancurkan Kekuasaan Sunda Empire di Bandung

2. Pemkot Bandung ingin segera manfaatkan Stadion GBLA

Ingin Digunakan, Pemkot Bandung Uji Coba Kursi Penonton Stadion GBLADok.IDN Times/Istimewa

Yana mengungkapkan, peluang untuk diujicobakan dengan jumlah terbatas sangat memungkinkan. Apalagi, tempa duduk di Stadion GBLA bernomor. Sehingga setiap penonton bisa duduk di tempat yang telah ditentukan.

"Setelah itu, saya pikir proses ke kepolisian dari pihak Panpel, Pemkot hanya menjamin beberapa zona, karena sudah siap dengan SLF-nya. SLF itu juga tidak expired, tapi untuk jangka sekian lama," katanya.

"Pemanfaatan aset jangan sampai terganggu. Kalau terlalu lama tidak digunakan pasti rusak," tambahnya.

Baca Juga: Cerita Mantan Istri Rangga Petinggi Sunda Empire: Banyak Kejanggalan 

3. Stadion GBLA dinilai sudah layak fungsi

Ingin Digunakan, Pemkot Bandung Uji Coba Kursi Penonton Stadion GBLADok.IDN Times/Istimewa

Kepala Dinas Tata Ruang Kota Bandung, Iskandar Zulkarnain mengatakan, saat ini Stadion GBLA sudah layak fungsi. Terlebih telah ada jaminan dari Kementerian Pekerjaan Umum.

"Serah terima masih dalan proses seperti yang disampaikan Pak Wakil Wali Kota, dari Adhi Karya juga sedang mengupayakan. Ini proyek 2015, secara administrasi ada yang belum selesai," kata Iskandar.

Baca Juga: Kekuasaan Sunda Empire Hancur, Begini Komentar Majelis Adat Sunda

4. Monitoring terus dilakukan Pemkot Bandung meski belum serah terima

Ingin Digunakan, Pemkot Bandung Uji Coba Kursi Penonton Stadion GBLADok.IDN Times/Istimewa

Iskandar mengaku, Pemkot Bandung masih menjaga dan terus memantau setiap kerusakan ataupun hal lain di Stadion GBLA. Mengingat saat ini proses serah terima masih belum diselesaikan.

"Jadi sekarang kita lihat dari sistem regulasinya administrasinya dulu. Jangan sampai itu jadi kendala. Kita juga upayakan dari sisi pemanfaatannya, tapi proses serah terimanya juga sambil berjalan," kata dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya