Comscore Tracker

Indonesia Menuju Endemik, Ridwan Kamil: COVID-19 Akan Seperti Flu! 

Pemprov Jabar mengikuti semua keputusan pemerintah pusat

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil menyebutkan bahwa COVID-19 akan menjadi sakit flu biasa. Hal itu disampaikannya untuk merespon wacana Indonesia akan mengakhiri pandemik menjadi endemik.

Menurutnya, status endemik itu artinya penyakit tidak dapat dihilangkan begitu saja. Virus tetap ada namun masyarakat tidak perlu sepanik seperti awal masa pandemik COVID-19 di Indonesia.

"Orang tidak perlu lagi panik seperti pandemik, seperti kalau anda kena kayak flu kan, ketika makan obat dan istirahat nanti sembuh, nah COVID-19 nanti akan begitu, karena di Omicron tingkat fatalitasnya hanya 2 kali lipat dari flu," ujar Emil, Selasa (1/3/2022).

1. Varian Delta paling kuat dibandingkan Omicron

Indonesia Menuju Endemik, Ridwan Kamil: COVID-19 Akan Seperti Flu! ilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Dalam masa pandemik COVID-19 terdapat beberapa virus yang menginfeksi masyarakat, dari corona dan mutasi-mutasi barunya. Namun, dari semua itu, kata Emil, paling fatal ada di varian delta.

"Kalau Delta, 3 kali lipat dari flu, makanya yang fatal meninggal banyak, sekarang dua sampai tiga hari semua sembuh. Rekor kita menyatakan banyak sembuh 96 persen dirawat di rumah, tiga atau empat hari sudah pada sembuh," ucapnya.

2. Status endemik kemungkinan akan melepaskan masker

Indonesia Menuju Endemik, Ridwan Kamil: COVID-19 Akan Seperti Flu! Pedagang menata masker karakter wajah berbahan kain di Solo, Jawa Tengah, Senin (8/6/2020) (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Dengan banyaknya kasus sembuh di Jabar, Emil mengungkapkan bahwa hal itu merupakan rangkaian menuju endemik. Perjuangan melawan virus corona perlahan-lahan akan berakhir dengan segala macam penanganan yang telah dilakukan.

"Nah itulah fase endemik, artinya tinggal pengumuman proklamasi kapan, kalau sudah proklamasi kita gak pakai masker lagi, berarti menyatakan si Covid sudah sama kayak flu," katanya.

3. Jabar akan mengikuti arahan pemerintah pusat

Indonesia Menuju Endemik, Ridwan Kamil: COVID-19 Akan Seperti Flu!  ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Hingga saat ini Pemprov Jabar sendiri masih belum mendapatkan keputusan pasti dari pemerintah pusat. Emil mengatakan, Pemprov Jabar akan mengikuti semua keputusan pemerintah pusat mengenai status endemik.

"Jadi virus tidak hilang, tapi sudah menjadi penyakit biasa yang tidak bikin panik dan fatal. Soal COVID-19 kan kita satu komando, jadi apapun statemen tentang COVID-19 pasti kita akan tindaklanjuti," kata dia.

4. Presiden minta Kemenkes pelajari soal endemik

Indonesia Menuju Endemik, Ridwan Kamil: COVID-19 Akan Seperti Flu! Seorang staf memakai masker dalam perjalanan menggunakan kereta metro saat uji coba sebelum kembali beroperasi, ditengah penyebaran wabah penyakit virus corona (COVID-19) di Kolkata, India, Rabu (9/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Rupak De Chowdhuri)

Untuk diketahui, Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberikan arahan agar Kementerian Kesehatan mulai menyiapkan peta jalan dari pandemik menuju ke endemik. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin tak menyebut kapan Indonesia mulai memasuki periode endemik COVID-19.

"Kami juga mendapatkan arahan dari bapak presiden tadi atas masukan dari Bapak Menko mengenai strategi dari pandemik menjadi endemik. Kami sudah siapkan protokolnya," ungkap Budi ketika memberikan keterangan pers secara daring pada Minggu, 27 Februari 2022 lalu.

Meski begitu, pria yang pernah menjadi Wakil Menteri BUMN itu juga menyebut pesan dari Jokowi agar keputusan tersebut dipertimbangkan secara matang. Peta jalan menuju ke endemik harus memperhatikan pendekatan dari sisi sains, kesehatan, sosial, budaya dan ekonomi. 

Ketika ditanyakan lebih jauh kepada Kementerian Kesehatan, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan saat ini Indonesia masih jauh dari jalan menuju ke endemik. "Belum (berubah statusnya menjadi endemik)," ungkap Nadia kepada IDN Times melalui pesan pendek pada Selasa, (1/3/2022). 

Baca Juga: Ada Arahan dari Jokowi, Menkes Akan Ubah Status Pandemik Jadi Endemik

Baca Juga: Kemenko PMK Ungkap Tantangan Ubah Pandemik COVID-19 jadi Endemik

Baca Juga: Yana Mulyana: Kota Bandung Sudah Bisa Masuk Kategori Endemik COVID-19

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya