Hendry Ch Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028

Herdy Ch Bangun terpilih di Kongres XXV PWI Bandung

Bandung, IDN Times - Hendry Ch Bangun terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) periode 2023-2028. Dia meraih suara terbanyak dalam Kongres XXV PWI di eL Hotel Bandung, Rabu (27/9/2023).

Sebelum ditetapkan sebagai ketua umum terpilih, Hendry Ch Bangun beradu gagasan dengan dua peserta lainnya, Atal Sembiring Depari, dan Zulmansyah Sakedang. Mereka juga turut memaparkan visi misi masing-masing.

Adapun proses sidang Kongres XXV PWI dipimpin oleh Luthfil Hakim (PWI Jatim), Syamsir Hamajen (PWI Maluku Utara) dan Farianda Putra (PWI Sumut).

1. Total ada tiga calon yang memperebutkan kursi ketua

Hendry Ch Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028IDN Times/Uni Lubis

Tiga para calon ketua umum PWI ini memperebutkan dukungan 88 suara dari 38 Provinsi se-Indonesia. Dalam proses pemungutan suara pada putaran pertama ini berlangsung cukup sengit.

Pada saat itu, Atal memperoleh 40 suara sedangkan Hendry hanya terpaut satu suara yakni dengan 39 suara dan Zulmansyah hanya mendapatkan sembilan suara.

Dengan hasil itu, para pimpinan sidang meminta agar dilakukan kembali pemungutan suara putaran kedua.

"Dari tiga calon, ada dua calon yang mendapatkan suara tersebesar yaitu Atal Sembiring Depari dan Hendry Ch Bangun. Sesuai dengan yang telah disepakati nanti akan ada pemelihan putaran kedua," kata Pimpinan Sidang Lutfil Hakim.

2. Henrdy ditetapkan sebagai ketua terpilih

Hendry Ch Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028(Istimewa)

Setelah itu, putaran kedua berjalan dan hasilnya, Hendry memperoleh 47 suara sedangkan Atal mengumpulkan 41 suara. Dengan demikian, Hendry Ch Bangun dinyatakan terpilih menjadi Ketua Umum PWI pusat periode 2023-2028.

Setelah itu, Hendry turut menyampaikan sambutan perdana usai ditetapkan sebagai ketua terpilih. Dia mengatakan, semua yang ada dalam keanggotaan PWI akan dirangkul dan diajak untuk memajukan organisasi profesi kewartawanan ini.

"Kita akan melakukan berbagai kegiatan, khususnya pendidikan atau peningkatan kompetensi. Saya berterima kasih kepada seluruh pendukung saya terutama. Sekarang PWI ini milik kita semua, 38 provinsi memiliki PWI," ujar Herdy.

3. Ketua dewan kehormatan juga telah dipilih

Hendry Ch Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028(Istimewa)

Herdy mengungkapkan, dirinya memiliki ambisi untuk menjadikan organisasi PWI sebagai organisasi terbesar, tertua dan paling banyak jajaran intelektual. Namun semua itu dirasakannya perlu bantuan dan dukungan dari seluruh anggota.

"Jabatan ini akan saya memanfaatkan semaksimal mungkin agar kita kembali memiliki kejayaan sebagaimana terjadi di masa-masa lalu," kata dia.

Dalam kongres itu, Sasongko Tedjo juga terpilih sebagai Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat. Selanjutnya, Hendry yang juga sebagai pemimpin tim formatur diberi waktu satu bulan setelah diumumkan untuk menyusun pengurus PWI masa bakti 2023-2028.

Baca Juga: Jokowi di Kongres PWI: Pemberitaan yang Baik Bukan Asal Viral

Baca Juga: UKW PWI Sumut Ditunda karena Dana Hibah Belum Cair

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya