Comscore Tracker

Hari Kartini 2021, Umi Oded: Peran Ibu Penting di Masa Pandemik

Ibu harus bisa mengawasi anak-anaknya selama pandemik corona

Bandung, IDN Times - Memperingati Hari Kartini 2021, TP-PKK Kota Bandung, Siti Muntamah Oded menyatakan bahwa peran orang tua terutama ibu sangat penting untuk mendidik anak-anaknya dalam masa pandemik COVID-19.

Selama masa pandemik, Interaksi sosial dalam keluarga mengalami banyak dinamika. Sehingga, menurut istri Wali Kota Bandung yang akrab disapa Umi Oded itu, pengawasan pada anak sangat dibutuhkan dan bisa lebih ekstra.

1. Ada perbedaan zaman antara orang tua dan anak

Hari Kartini 2021, Umi Oded: Peran Ibu Penting di Masa PandemikIDN Times/Humas Bandung

Umi Oded mengatakan, ada perbedaan zona generasi antara orang tua dan anak, seringkali menyebabkan ketidaksinambungan antara harapan orang tua dan anak. Apalagi komunikasi orang tua dan anak kurang baik.

Orang tua lahir di zaman boomers, sementara anak lahir di zaman generasi Z. Generasi ini lahir beriringan dengan dunia gawai yang melahirkan ribuan informasi yang bisa diakses dengan mudah.

"Dari sini lah terjadi ketidaksinambungan antara orang tua dan anak. Orang tua tidak mampu menyeimbangi anak, begitu pula anak seringkali menutup diri dan lebih asyik dengan dunianya sendiri," ungkapnya.

2. Anak jangan sampai lost edukasi

Hari Kartini 2021, Umi Oded: Peran Ibu Penting di Masa PandemikIDN Times/Humas Bandung

Dari adanya fenomena tersebut, kemudian lahir kasus-kasus kekerasan terhadap anak termasuk lost edukasi yang kian tinggi. Padahal di tengah situasi saat ini, anak sangat membutuhkan peran orang tua untuk membantunya dalam belajar (Pembelajaran Jarak Jauh).

"Maka perlu dihadapi dengan bijak dan arif, kasih sayang dan tanggung jawab," ucapnya.

3. Perempuan saat ini berada dalam tanggung jawab besar

Hari Kartini 2021, Umi Oded: Peran Ibu Penting di Masa Pandemikinstagram/sitimuntamah_oded

Bertepatan dengan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, Siti menilai fenomena ini mengingatkan pada situasi sulit di zaman Kartini. Namun Kartini mampu menghadirkan sebuah kebijakan fenomenal untuk mengetahui hal yang harus dilakukan seorang perempuan ketika berada dalam satu tantangan tanggung jawab.

"Tetapi saat itu dengan kelurusan budi dan perilakunya, ketaatan kepada agama, orang tua, dan suami, melahirkan Kartini yang memiliki jiwa yang lurus, itu terlihat dari isi surat-suratnya," katanya.

4. Jiwa kartini harus banyak terlahir di Kota Bandung

Hari Kartini 2021, Umi Oded: Peran Ibu Penting di Masa PandemikIDN Times/Humas Bandung

Melihat fenomena saat ini, menjadi tantangan yang sangat besar bagi Kartini-kartini di keluarga untuk tetap melahirkan generasi berkualitas, sekaligus menjadi pemenang dalam menghadapi fenomena dari pandemi.

"Anak-anak tetap harus memiliki kecerdasan spiritual, emosional, sosial, leadership dan itu dirangkum dengan segala kesulitan bisa diatasi, tentu dimulai dari keluarga," kata dia.

Baca Juga: Biografi RA Kartini, dari Bahasa Hingga Habis Gelap Terbitlah Terang

Baca Juga: Semangat Kartini, 10 Artis Sukses di Dunia Hiburan dan Politik

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya