Hadir Langsung di Sidang Dakwaan, Bahar bin Smith Minta Maaf ke Hakim

Bahar meminta maaf karena tidak bisa hadir secara online

Bandung, IDN Times - Sidang perkara berita bohong dengan terdakwa penceramah kontroversial Bahar bin Smith kembali digelar di Pengadilan Negeri Bandung, Selasa(5/4/2022). 

Bahar dengan pakaian serba putih dan peci datang ke Pengadilan Negeri Bandung sekitar pukul 09.30WIB. Puluhan pendukungnya ikut hadir dalam persidangan yang digelar secara offline ini. Tak hanya itu, belasan pengacara juga mendampingi Bahar.

Di kursi pesakitan, Bahar meminta maaf pada hakim Pengadilan Negeri Bandung karena tidak bisa hadir dalam sidang online yang digelar pekan lalu.

1. Hakim menanyakan kesehatan Bahar

Hadir Langsung di Sidang Dakwaan, Bahar bin Smith Minta Maaf ke HakimPersidangan Bahar bin Smith di PN Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Kemudian, Bahar langsung duduk di kursi pesakitan dan majelis hakim Dodong Ini awalnya menanyakan kondisi kesehatan Bahar. Selepas pertanyaan itu, majelis hakim juga menanyakan bahawa pada persidangan perdana kemarin Bahar tidak hadir secara langsung.

"Kemarin kami memulai dengan persidangan pertama akan tetapi dikemukakan kuasa hukum saudara Habib tidak mau hadir secara online tapi offline," ujar Dodong.

2. Bahar beralasan signal dalam lapas tidak stabil

Hadir Langsung di Sidang Dakwaan, Bahar bin Smith Minta Maaf ke HakimPersidangan Bahar bin Smith di PN Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Gayung bersambut, Bahar mengatakan bahwa ketidakhadirannya dalam persidangan pertama kemarin dikarenakan signal di ruang tahanan tidak stabil. Sehingga, Ia meminta untuk dihadirkan secara langsung pada majelis hakim.

"Betul. Saya ingin meminta maaf kepada majelis hakim para jaksa atas ketidakhadiran saya minggu kemarin karena saya tidak mau sidang online karena sidang online itu ketika di Lapas Gunung Sindur banyak gangguan jaringan sehingga bagi saya tidak efektif memberikan pembelaan seperti sinyal dan lainnya. Terima kasih mengabulkan sidang offline," katanya.

3. Bahar menolak sidang online

Hadir Langsung di Sidang Dakwaan, Bahar bin Smith Minta Maaf ke HakimBahar bin Smith (IDN Times/Galih Persiana)

Diberitakan sebelumnya, persidangan pertama Bahar bin Smith dalam kasus penyebaran berita bohong di Kabupaten Bandung dibumbui drama. Terdakwa menolak dihadirkan secara online dan memilih offline.

Penolakan Bahar terjadi saat persidangan dimulai oleh tim majelis hakim. Dalam layar monitor Bahar tidak kunjung menunjukkan diri dan lebih memilih mendekam di ruang tahanan Polda Jabar.

Setelah itu, ketua tim Jaksa Kejati Jabar, Suharja mengatakan bahwa, Bahar enggak keluar dari sel karena ingin dihadirkan dalam ruang sidang secara langsung.

"Habib bahar tidak bersedia mengikuti sidang yang bersangkutan menginginkan sidang offline yang mulia," ujar Suharja, Selasa (29/3/2022).

4. Persidangan harus offline kara tidak ada alasan lain

Hadir Langsung di Sidang Dakwaan, Bahar bin Smith Minta Maaf ke HakimBahar bin Smith (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Setelah itu, pernyataan jaksa juga ditanggapi oleh Kuasa Hukum Bahar, Ichwan Tuankotta. Ia mengatakan, pernyataan jaksa memang seharusnya dikabulkan oleh majelis hakim. Sebab, dalam kondisi saat ini Bahar harus dihadirkan secara langsung.

"Memang seperti itu, karena tidak ada alasan sidang online. Ketinggalan zaman, ini bertentangan dan ini hambatan kita minta dihadirkan," ucap Ichwan.

Baca Juga: Habib Bahar dan Eggi Sudjana Kembali Dipolisikan Terkait SARA

Baca Juga: Habib Bahar Ancam Ulama, MUI: Jangan Bermain-main dengan Jiwa Manusia

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya