Comscore Tracker

Genjot Infrastruktur, Ridwan Kamil Janji 2023 Jalan di Jabar Mulus

Dana sempat hilang karena pandemik COVID-19

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) bakal menggenjot kembali pembangunan infrastruktur jalan setelah anggarannya sempat terkendala urusan pandemik COVID-19.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil alias Emil mengatakan, pembangunan infrastruktur jalan mengalami hambatan dalam beberapa tahun kemarin. Saat ini, ia memastikan, anggaran infrastruktur akan disusun dan dimanfaatkan dengan maksimal.

"(Pembangunan infrastrutkru) Cuma telat saja. Kan saya janji jalan mulus, tapi hilang Rp10 triliun oleh COVID-19. Sempat di-bully oleh masyarakat yang tidak paham," ujar Emil di Gedung Sate, Selasa (4/10/2022).

1. Selama 2023 pembangunan infrastruktur akan lebih maksimal

Genjot Infrastruktur, Ridwan Kamil Janji 2023 Jalan di Jabar MulusGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dengan waktu kepemimpinan yang tersisa satu tahun lagi, Emil memastikan bahwa semua pembangunan infrastruktur jalan dan janji politik lainnya tengah dikebut. Ia optimistis segala janji tersebut akan rampung di akhir masa jabatannya.

"Sekarang saya full-kan 2023 di sisa jabatan. Janji jalan mulus, saya bisa tingkatkan," ucapnya.

2. Saat ini ada dua proyek yang ditargetkan rampung 2022

Genjot Infrastruktur, Ridwan Kamil Janji 2023 Jalan di Jabar Mulusantarafoto.com

Setelah kasus COVID-19 mengalami penurunan belakangan ini, Emil menjelaskan, sejumlah proyek infrastruktur telah selesai dikerjakan. Beberapanya ada di wilayah Depok, Cirebon, dan dalam waktu dekat ialah Masjid Raya Al-Jabbar.

"Saya tunggu-tunggu ada dua, masjid Raya Al-Jabbar dan Menara Kembar Sumedang," katanya.

3. Masjid Al-Jabbar ditargetkan rampung akhir 2022

Genjot Infrastruktur, Ridwan Kamil Janji 2023 Jalan di Jabar MulusGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, Emil mengatakan, Masjid Raya Al-Jabbar rencananya akan diresmikan pada akhir tahun 2022. Progres pembangunan juga kini sudah hampir 100 persen.

"Masjid Raya Al-Jabbar insya Allah pada Desember sekitar tanggal 30 sudah diresmikan. Saat ini progresnya sudah 70 persen," ujar Emil pada awak media di Gedung Sate, Rabu (14/9/2022).

Pembangunan Masjid Al Jabbar tidak hanya dimanfaatkan sebagai tempat ibadah saja. Emil menjelaskan, ada beberapa fasilitas pendukung lain yang saat ini tengah diusahakan, seperti koneksi jalan menuju masjid.

"Akses tol sedang dilobi, jadi nanti ke sana bisa lewat Tol Padaleunyi, tidak lewat jalan sekarang. Intinya, ada banyak alternatif," ungkapnya.

Baca Juga: IDM Tinggi, Pemprov Jabar Terus Genjot Pembangunan Desa Mandiri

Baca Juga: Pemprov Jabar Sediakan 55 Ribu Vaksin Anti Rabies Gratis

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya