Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil Maju Pilpres Berpotensi Bisa Menang

Ada dua nama yang berpotensi unggul Pilpres 2024

Bandung, IDN Times - Lembaga Survei Charta Politica Indonesia kembali merilis pasangan presiden untuk Pilpres 2024. Dari hasil itu, pasangan Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil disebut bisa memenangkan pesta demokrasi lima tahun ini.

Yunarto Wijaya, Direktur Eksekutif Charta Politica Indonesia mengatakan, posisi Ganjar Pranowo dinilai sebagai tokoh paling banyak dipilih jika pemilihan presiden dilaksanakan hari ini dengan angka 26,6 persen. Kemudian, disusul Prabowo Subianto 22,0 persen lalu Anies Baswedan 19,7 persen dan Ridwan Kamil 4,1 persen.

"Sementara dalam elektabilitas calon wakil presiden hanya dua nama yang secara angka survei ketat bersaing yakni Sandiaga Uno dengan angka 25,4 persen, Ridwan Kamil 16,4 persen dan Khofifah Indar Parawangsa sebesar 8,9 persen," ujar Yunarto dalam keterangan resminya, Selasa (26/4/2022).

1. Pasangan Ganjar dan Emil paling tinggi dalam survei

Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil Maju Pilpres Berpotensi Bisa MenangLiputan6.com

Saat dipasangkan dalam simulasi tiga pasangan capres-cawapres, Yunarto bilang, terlihat Ganjar Pranowo makin kuat usai dipasangkan dengan Ridwan Kamil dibanding Prabowo-Sandiaga Uno atau Anies Baswedan-AHY dengan angka 34,1 persen.

"Pada simulasi secara berpasangan, terlihat kompetisi antara Ganjar Pranowo dengan Anies Baswedan. Dalam beberapa simulasi yang dilakukan, secara umum Ganjar Pranowo berada pada elektabilitas tertinggi dalam beberapa pengujian," ungkapnya.

2. Survei dilakukan secara probability sampling

Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil Maju Pilpres Berpotensi Bisa MenangInstagram/@ridwankamil

Yunarto menjelaskan, sampel survei ini dipilih sepenuhnya secara acak (probability sampling) dengan menggunakan metoda penarikan sampel acak bertingkat (multistage random sampling), dengan memperhatikan urban/rural dan proporsi antara jumlah sampel dengan jumlah pemilih di setiap provinsi pada 10-17 April 2022.

"Dengan jumlah sampel sebanyak 1.220 responden, margin of error +/- 2.83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Unit sampling primer survei (PSU) ini adalah desa/kelurahan dengan jumlah sampel masing-masing 10 orang di 122 desa/kelurahan yang tersebar di Indonesia," ungkapnya.

3. Nama Emil sering disandingkan dengan Sandiaga Uno

Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil Maju Pilpres Berpotensi Bisa MenangInstagram/@sandiuno

Dalam survei Indikator Politik nama Ridwan Kamil masuk menjadi calon terkuat untuk Pilres 2024. Nama Emil juga disandingkan bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Ridwan Kamil berada di urutan kedua dengan raihan 15,3 persen di bawah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno yang meraih 25 persen. Adapun angka itu didapatkan dari pertanyaan siapa Wakil Presiden yang akan dipilih jika Pilpres diadakan saat ini.

Setelah itu, persentase yang diraih Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno hanya bisa didekati oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono yang meraih 12 persen. Sedangkan sisanya, nama-nama lain seperti Menteri BUMN Erick Tohir atau Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto hanya meraih angka di bawah 10 persen.

4. Berikut 12 Nama calon wakil presiden dalam survei Indikator

Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil Maju Pilpres Berpotensi Bisa MenangGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Dok. IDN Times)

Simulasi 12 Nama Calon Wakil Presiden dalam Survei Indikator :

Sandiaga Uno 25 persen
Ridwan Kamil 15,3 persen
Agus Harimurti Yudhoyono 12 persen
Erick Tohir 7,9 persen
Airlangga Hartarto 7,3 persne
Khofifah Indar Parawansa 6,3 persen
Puan Maharani 2,9 persen
M. Mahfud MD 2,1 persen
Bambang Soesatyo 0,8 persen
Muhaimin Iskandar 0,6 persen
Zulkifli Hasan 0,6 persen
Ahmad Syaikhu 0,6 persen

Baca Juga: Survei Indikator: Simulasi Pilpres 2024 Prabowo-Ganjar Raih 51 Persen

Baca Juga: Survei Indikator: Masyarakat Kian Takut Sampaikan Pendapat

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya