Dubes Amerika Bertamu, Ridwan Kamil Tawarkan Investasi Bidang Energi

Emil pamerkan sektor investasi yang bisa dikerjasamakan

Bandung, IDN Times - Duta Besar Amerika, Sung Kim mendatangi kantor Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil. Kedatangan Sung bersama rombongan dilakukan untuk berdiskusi sekaligus membahas beberapa potensi kerja sama di sektor ekonomi.

Emil menjamu Sung dengan beberapa kegiatan, salah satunya naik ke puncak Gedung Sate untuk memandang Gunung Tangkuban Parahu. Emil mengatakan, di Amerika, pemandangan tersebut mirip dengan yang dimiliki Washington Mall.

"Terus ada bandros lewat, saya ceritakan bandros itu kan idenya dari San Fransisco trem. Banyak jejak-jejak saya waktu sekolah di Amerika saya praktekkan sebagai implementasi desain kebijakan di Bandung, di Jabar, jadi beliau sangat senang," ujar Emil, Kamis (24/2/2022).

1. Ridwan Kamil klaim Jabar sudah sangat siap terima investasi AS

Dubes Amerika Bertamu, Ridwan Kamil Tawarkan Investasi Bidang EnergiRidwan Kamil bersama Dubes Amerika, Sung Kim (humas/Pemprov Jabar)

Kedatangan Sung juga dimanfaatkan oleh Emil untuk menawarkan beberapa investasi di wilayah Jabar. Menurut Emil, wilayahnya saat ini sudah sangat siap untuk menerima banyak investasi dari Amerika. Apalagi, sekarang Jabar masuk peringkat pertama investasi.

"Pak Dubes hadir melihat Jabar punya potensi ekonomi besar. Saya sampaikan investasi kita juara satu. Saya berharap perusahaan Amerika bisa datang lebih besar karena Amerika belum masuk lima besar sebagai negara yang banyak berinvestasi di Jabar," ucapnya.

2. Beberapa sektor investasi ditawarkan pada Dubes Amerika

Dubes Amerika Bertamu, Ridwan Kamil Tawarkan Investasi Bidang EnergiRidwan Kamil bersama Dubes Amerika, Sung Kim (humas/Pemprov Jabar)

Selain itu, Emil bilang, ada beberapa peluang kerja sama yang bisa digarap bareng AS. Misalnya digital ekonomi, ekonomi hijau, pelayanan kesehatan, hingga energi terbarukan. Beberapa sektor itu ditawarkan pada dubes dan akan disampaikan beberapa pengusaha di negaranya.

"Makanya tadi saya ajak ke Jabar Digital Service, melihat command center untuk menunjukan Jabar full speed dalam transformasi digital," katanya.

3. Dubes Amerika senang dengan jamuan Ridwan Kamil

Dubes Amerika Bertamu, Ridwan Kamil Tawarkan Investasi Bidang EnergiGubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Dubes Amerika Sung Kim (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara, Sung mengaku terpukau dengan paparan gubernur terkait potensi ekonomi kawasan dan energi hijau yang disampaikan dalam pertemuan. Bahkan, Sung menganggap pertemuan itu sebagai momentum penting bagi kedua belah pihak.

"Ini kesenangan luar biasa bisa bertemu dengan gubernur, menghabiskan waktu bersamanya. Saya akhirnya tahu bagaimana dia menjadi seorang figur yang populer dalam politik. Dia juga masih muda, dengan masa depan yang cerah," katanya.

4. Jabar memiliki banyak potensi investasi

Dubes Amerika Bertamu, Ridwan Kamil Tawarkan Investasi Bidang EnergiGubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Dubes Amerika Sung Kim (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sung menambahkan, kunjungan Kedutaan Besar AS ke Jawa Barat merupakan upaya memotret potensi ekonomi di Indonesia. Terlebih, Amerika Serikat saat ini menjadi negara investor terbesar keempat di Indonesia, sehingga potensi-potensi investasi harus terus dicari.

"Saya percaya ada banyak potensi besar untuk berinvestasi dan perdagangan di sini. Jadi saya mencoba melihat bagaimana cara kerja dan relasi ekonomi bersama para pemimpin di Indonesia, termasuk para gubernur," tuturnya.

Kedutaan Besar AS berjanji akan melanjutkan potensi kerja bersama dengan Jawa Barat, untuk memaksimalkan kesempatan menguatkan relasi antara dua negara, Amerika dan Indonesia.

Baca Juga: Dubes Muhammad Najib Serahkan Surat Kepercayaan ke UNWTO

Baca Juga: Hubungan Memanas, Dubes Amerika Serikat di El Salvador Pulang Kampung

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya