Dinkes Jabar: 23 Petugas Pemilu 2024 Meninggal Dunia

Selain KPPS ada dua Linmas yang gugur saat mengawal pemilu

Bandung, IDN Times - Gelaran pemilihan umum (Pemilu) 2024 di Jawa Barat diselimuti haru. Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat mencatat, ada sebanyak 23 orang dari beberapa kelompok petugas Pemilu meninggal dunia setelah pencoblosan 14 Februari 2024.

Petugas yang meninggal dalam gelaran Pemilu 2024 ini tidak hanya dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Kepala Dinkes Jawa Barat, Raden Vini Adiani Dewi mengatakan, ada juga dari Perlindungan Masyarakat (Linmas).

"Ini tidak hanya petugas KPPS ya, termasuk di dalamnya beberapa ada Linmas. Kita memasukan semua data-data terkait dengan kematian usai pemilu ini ada 23 orang. Dua org berasal dari Linmas," ujar Vini di Bandung, Rabu (21/2/2024).

1. Petugas yang wafat rata-rata memiliki komorbid

Dinkes Jabar: 23 Petugas Pemilu 2024 Meninggal DuniaSurat suara di Pemilu 2024 (ANTARA FOTO/Virna Puspa Setyorini)

23 orang petugas Pemilu 2024 yang meninggal itu tersebar di beberapa wilayah Jawa Barat. Vini menjelaskan, berdasarkan data teranyar, rata-rata petugas yang meninggal karena memiliki riwayat penyakit atau komorbid.

"Yang jelas hampir rata-rata semua punya penyakit komorbid, riawayt jantung, gagal ginjal, darah tinggi, ada riwayat infeksi paru. Memang dalam hal ini ada penyakit dasarnya," katanya.

2. Berharap angka kematian lebih kecil dibandingkan periode sebelumnya

Dinkes Jabar: 23 Petugas Pemilu 2024 Meninggal DuniaPemungutan suara ulang di Kota Serang, Banten (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Vini sendiri belum bisa menjelaskan lebih jauh soal faktor lain yang membuat para petugas pemilu wafat. Namun, dia memastikan angka kematian pada pemilu periode ini bisa lebih minim dibandingkan dengan sebelumnya.

"Kalau kita lihat angka periode dulu itu mencapai 177 orang. Ini kurang lebih ada 23, insyaallah antisipasi kita sebelumya sudah lebih baik. Dengan adakan skrining ada pengobatan terlebih dahulu," jelasnya.

3. KPU Jawa Barat mencatat ada 17 orang yang meninggal

Dinkes Jabar: 23 Petugas Pemilu 2024 Meninggal DuniaPemungutan suara ulang di Kota Tangerang, Banten (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Sementara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat mengungkapkan ada sebanyak 17 orang meninggal selama masa pencoblosan dan perhitungan surat suara pemilu pada 14 Februari 2024.

17 orang yang meninggal asal Jawa Barat itu terdiri dari petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), petugas ketertiban tempat pemungutan suara (TPS) dan panitia pemungutan suara (PPS).

Komisioner KPU Jabar Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat Hedi Ardhia mengatakan, KPU Jawa Barat turut menyampaikan belasungkawa terhadap para petugas Pemilu 2024 yang gugur saat menjalankan tugasnya.

"Kami ikut berbelangsungkawa atas kepergian almarhum, terima kasih atas dedikasi dan pengabdian kepada negara. Secara kelembagaan KPU akan memberikan perhatian kepada keluarga korban," kata Hedi, dikutip Selasa (20/2/2024).

Baca Juga: PDIP Kirim Surat ke KPU Tolak Hasil Sirekap

Baca Juga: Update Real Count KPU: Prabowo 58,77 Persen, Anies 24,25, Ganjar 16,98

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya