Comscore Tracker

CN235 Pesawat PT DI, Mengudara di Nepal, Thailand dan Senegal

Nilai kontak mencapai puluhan juta dolar

Bandung, IDN Times - Pesawat CN 235 milik PT Dirgantara Indonesia (PT DI) akan menjelajahi jalur udara Medan, Yangoon, kathmandu, Nepal. Hal tersebut setelah Tentara Angkatan Darat Nepal memesan satu unit pesawat tersebut sejak 2017.

Direktur utama PT DI, Elfien Goentoro mengatakan, CN 235 dikirim ke Nepal karena sudah dipesan sejak 2017 dan sampai saat ini pesawat tersebut sudah bisa dikirim dan digunakan oleh Tentara Angkatan Darat Nepal.

"Alhamdulillah kita sudah bisa delivery tepat waktu, sehingga hari ini kita deliver ferry flight ke kathmandu,"ujar Eflien saat peluncuran CN 235 ke Nepal di PT DI, Jalan Caringin, Kota Bandung, Rabu (30/10/2019).

1. CN 235 bisa digunakan untuk Troops juga VIP

CN235 Pesawat PT DI, Mengudara di Nepal, Thailand dan SenegalIDN Times/Azzis Zulkhairil

Elfien mengatakan, CN 235 merupakan pesawat yang menyesuaikan desain keinginan Tentara Angkatan Darat Nepal. Pesawat tersebut didesain multi role. Bisa untuk mengangkut pasukan (Troops) juga bisa dibuat sebagai pesawat VIP.

"Jadi pesawat ini multi role, bisa digunakan untuk transport tentara maupun para troops dan juga untuk VIP, dan juga pesawat ini bisa menjadi kargo,"ungkapnya.

2. Nilai kontrak mencapai 30 juta USD

CN235 Pesawat PT DI, Mengudara di Nepal, Thailand dan SenegalIDN Times/Azzis Zulkhairil

Elfien menambahkan, Tentara Angkatan Darat Nepal dengan PT DI telah melakukan kontrak mencapai 30 juta USD. Dari nilai tersebut PT DI hanya membuat sesuai apa yang dipesan oleh Tentara Angkatan Darat Nepal. Dan semuanya sudah diberikan kepada Tentara Angkatan Darat Nepal.

"Nilai kontraknya kurang lebih 30 juta USD, tetapi semua tergantung material spare dan macam-macamnya yang dipesankan,"kata dia.

3. Selain Nepal ada juga Senegal yang memesan pesawat CN235

CN235 Pesawat PT DI, Mengudara di Nepal, Thailand dan Senegalaltitudehimalaya.com

Lebih lanjut, Elfien menjelaskan, CN 235 ternyata banyak memikat negara lain selain Nepal, dalam waktu dekat CN 235 akan dikirimkan ke Senegal. Sambung Eflien, kemungkinan CN 235 pun akan diberangkatkan tahun ini.

"Rencananya tahun depan kita mau deliver ke senegal, itu untuk CN 235 transport juga,"jelasnya.

4. Kementerian pertanian Thailand juga pesan pesawat ke PT DI

CN235 Pesawat PT DI, Mengudara di Nepal, Thailand dan SenegalIDN Times/Azzis Zulkhairil

Selain Nepal dan Senegal, negara tetangga Thailand juga ternyata memesan pesawat ke PT DI. Namun Thailand memasang bukan CN 235, melainkan NC 212. Thailand memesan pesawat satu unit. Sama dengan Senegal dan Nepal.

"2019 ini kita ekspor tiga pesawat, satu ke Nepal, Senegal dan satu lagi ke Thailand,"ucap Elfien

Sedangkan untuk dalam negeri, PT DI juga akan mengirim pesawat ke Basarnas RI. PT DI tidak hanya fokus ke pasar luar negri. Akan tetapi juga fokus ke dalam negri.

"kita sudah akan deliver rencananya ke basarnas juga, selain beberapa yang sudah disebutkan tadi,"katanya.

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You