Comscore Tracker

Bioskop Bandung Belum Beroperasi karena PSBB, Pengusaha Memaklumi

Sektor usaha lain dianggap lebih penting didahulukan

Bandung, IDN Times - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Barat menyetujui keputusan pemerintah daerah dengan masih menutup bioskop selama perpanjangan PSBB proporsional Jabar. Apindo juga menilai, beberapa sektor lain lebih penting untuk dibangkitkan terlebih dahulu.

Ketua Apindo Jabar, Dedy Widjaja mengatakan, pemulihan sektor pariwisata bersifat hiburan seperti bioskop, ada baiknya dibangkitkan setelah beberapa sektor lain yang bergerak di bidang usaha kebutuhan pokok sudah dioperasikan kembali secara maksimal.

"Jadi untuk bioskop, itu kan adanya di mal. Mal juga sekarang dibatasi, jadi tidak mungkin bioskop buka maksimal sedangkan jumlah pengunjung mal saja dibatasi," ujar Dedi saat dihubungi IDN Times, Jumat (19/6).

1. Jika bioskop dibuka, tidak sebanding dengan jumlah pembatasan pengunjung mal

Bioskop Bandung Belum Beroperasi karena PSBB, Pengusaha MemaklumiIlustrasi Bioskop/Unplash

Dedy menuturkan, pengoperasian kembali bioskop ada baiknya menjadi opsi terakhir setelah semua sektor pariwisata perdagangan dijalankan dengan normal. Menurutnya, jika belum normal ada baiknya tetap ditutup terlebih dahulu.

"Kalau belum normal, jangan dibuka dulu, sebab bisa saja itu bioskop kalau dibuka dimanfaatkan sama yang pacaran dan sebagainya. Masyarakat kan sedang harus social distancing," ungkapnya.

2. Sektor usaha lain masih banyak yang kesulitan

Bioskop Bandung Belum Beroperasi karena PSBB, Pengusaha MemaklumiKondisi Tunjungan Plaza saat hari pertama usainya PSBB, Selasa (9/6). IDN Times/Fitria Madia

Disinggung soal bagaimana nasib bioskop jika PSBB Proporsional terus dijalankan hingga melebihi kuartal II 2020, Dedy tak bisa menjelaskan lebih dalam. Menurutnya, daripada kebangkitan ekonomi, yang terpenting saat ini adalah keselamatan masyarakatnya itu sendiri.

"Saat ini semua terdampak. Sektor transportasi saja masih kesulitan, padahal itu bisnis pokok, tapi masih kesulitan. Tentunya semua juga berdampak," katanya.

3. Skema bioskop outdoor masih belum diketahui

Bioskop Bandung Belum Beroperasi karena PSBB, Pengusaha Memaklumipexels.com/Louis

Sejauh ini Apindo sepakat dengan langkah pemerintah dalam membangkitkan kembali ekonomi dengan cara bertahap. Adapun di sisi lain, wacana terkait bioskop outdoor juga masih belum dapat dipastikan oleh para pengusaha. 

"Untuk bioskop outdoor saya belum mendapatkan kabar tersebut, tapi skema pemerintah benar, semuanya dibangkitkan secara bertahap," kata dia.

4. Pemprov Jabar masih minta zona kuning terapkan PSBB Proporsional

Bioskop Bandung Belum Beroperasi karena PSBB, Pengusaha MemaklumiInstagram/explorebandung

Sebagaimana diketahui, Gubernur Jabar Ridwan Kamil memperpanjang PSBB Proporsional ke dua kalinya untuk beberapa wilayah yang masih masuk dalam zona kuning. Adapun zona biru untuk beberapa wilayah di Jabar sudah diizinkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)

Dalam skema AKB, beberapa sektor ekonomi, industri dan usaha sejenis lainnya sudah diizinkan untuk beroperasi namun dengan beberapa ketentuan, seperti pembatasan pengunjung dan penerapan protokol pencegahan COVID-19.

Baca Juga: Pemkot Bandung Bersiap Hadapi AKB dengan Pelonggaran di Sektor Ekonomi

Baca Juga: Pemkot Belum Izinkan Bandung Zoo dan Kolam Renang Buka untuk Umum 

Baca Juga: Bandel! Pemkot Bandung Segel Cafe Gedogan Kopi dan Warung Aceh Kemang

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya