Comscore Tracker

Bapenda Jabar Perluas Layanan Samsore hingga Bandung Raya dan Bodebek

Masyarakat diajak bayar pajak kendaraan sambil ngabuburit

Bandung, IDN Times - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat (Jabar) mengembangkan Program Samsat Sore (Samsore) hingga Bandung Raya, Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek). Program ini sebelumnya diterapkan di Kabupaten Bandung.

Bertepatan dengan momentum Ramadan 2022, Bapenda Jabar juga mengajak warga bisa membayar pajak kendaraan sambil "ngabuburit" (kegiatan yang dilakukan saat hendak menunggu waktu berbuka puasa).

"Program ini untuk memfasilitasi para wajib pajak membayar pajak yang tidak bisa datang di jam kerja. Selain itu, layanan ini berlaku pada akhir pekan," kata Kepala Bapenda Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik, Rabu (30/3/2022).

1. Program ini dibuat untuk mengejar target

Bapenda Jabar Perluas Layanan Samsore hingga Bandung Raya dan Bodebekhttps://www.online-pajak.com/cara-hitung-pajak-freelance

Pengembangan program dilakukan karena selama awal diterapkan di Kabupaten Bandung, Samsore mendapat respon baik dari Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (PPPD) Kabupaten Bandung II Soreang atau Samsat Soreang.

"Layanan ini dihadirkan karena ada target pendapatan yang harus dicapai. Tapi, lebih dari itu, pada dasarnya orientasi kami lebih pada pelayanan maksimal kepada wajib pajak," kata dia.

2. Kemungkinan akan ada takjil dan hiburan untuk masyarakat

Bapenda Jabar Perluas Layanan Samsore hingga Bandung Raya dan BodebekIlustrasi Pajak. (IDN Times/Arief Rahmat)

Samsore Ngabuburit diterapkan karena berkesinambungan dengan momentum pemulihan ekonomi yang terus digaungkan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dalam momentum bulan suci Ramadan 2022.

Bapenda Jabar dikatakannya akan memberikan fasilitas takjil dan layanan lainnya untuk masyarakat.

"Dan mungkin kami menyediakan tajil, ada hiburan juga dari budayawan pada saat Samsore berlangsung, agar wajib pajak tidak bosan. Kami bekerjasama dengan dinas terkait, seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk menghadirkan musik tradisional," ungkapnya.

3. Samsore di Kabupaten Bandung sudah mendongkrak pendapatan sektor pajak kendaraan

Bapenda Jabar Perluas Layanan Samsore hingga Bandung Raya dan BodebekIlustrasi Pajak (IDN Times/Arief Rahmat)

Sedangkan, Kepala PPPD Kabupaten II Soreang, Doni Firyanto menambahkan Samsore bisa mendongkrak pendapatan di sektor Pajak Kendaraan Bermotor. Adapun lokasinya ada di Jalan Raya Gading Tutuka, tepatnya di Area Cafe Warsun_id tempat dimana anak anak muda dan komunitas nongkrong.

"Jadi suasananya tidak kaku," kata dia.

4. Kota Bandung ada tiga tempat Samsore

Bapenda Jabar Perluas Layanan Samsore hingga Bandung Raya dan BodebekIstimewa

Kemudian, Kepala PPPD Kota Bandung II Kawaluyaan Ade Sukalsah menilai pelayanan Samsat Sore selama ramadan di Kota Bandung sangat baik diterapkan. Pihaknya juga menyiapkan beberapa tempat untuk dikunjungi masyarakat.

"Ada tiga alternatif tempat yang disiapkan untuk layanan Samsore Kota Bandung II yaitu di Samsat Outlet Dago Plaza, Samling Lapangan Futsal Supratman dan Kios Samsat Showroom Sanjaya Motor Ciateul," kata dia.

Baca Juga: Jadi Syarat Mudik, Pemprov Jabar Gencarkan Vaksinasi Booster 

Baca Juga: Jelang Ramadan 2022, Pemprov Jabar Perkuat Pantauan Harga Bahan Pokok

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya