Comscore Tracker

Banyak Dikecam Warganet, Eiger Indonesia Akhirnya Minta Maaf

Eiger Indonesia mengaku salah kritik konten review YouTuber

Bandung, IDN Times - PT Eigerindo Multi Produk Industri (MPI) angkat bicara terkait surat kritik review konten yang dikirimkan pada seorang YouTuber @duniadian. Surat ini kemudian viral dan ramai diperbincangkan warganet. Bahkan, surat Eiger yang ditujukan kepada Dian Widiyanarko ini menjadi trending topik di Twitter.

CEO PT Eigerindo Multi Produk Industri, Ronny Lukito mengatakan, MPI membenarkan bahwa surat yang dikirimkan melalui email pada pemilik akun YouTube @duniadian langsung dari tim internal perusahaan.

"Dengan rendah hati kami menyampaikan permintaan maaf sebesar-besarnya kepada masyarakat atas masalah yang terjadi," ujar Ronny dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Kamis (28/1/2021) malam.

1. Eiger mengaku langkahnya mengkritik tidak tepat

Banyak Dikecam Warganet, Eiger Indonesia Akhirnya Minta MaafUnggahan Dian Widiyanarko tentang surat keberatan dari Eiger (Twitter.com/duniadian)

Ia mengaku, surat dikirimkan tak lain untuk tujuan memberikan masukan kepada reviewer agar lebih baik. Namun, Ronny menyebutkan bahwa cara penyampaian salah dan membuat permasalahan ini terjadi.

"Kami sadar, apa yang kami lakukan tidak tepat dan salah," ucapnya.

2. Eigerian diharapkan memaafkan tindakan kesalahan ini

Banyak Dikecam Warganet, Eiger Indonesia Akhirnya Minta Maafeigeradventurenews.com

Ia menegaskan, atas apa yang sudah terjadi di media sosial dan viral, MPI mengaku salah dan meminta maaf. Ronny juga meminta konsumen memaklumi atas apa yang sudah terjadi.

"Kami berterima kasih sebanyak banyaknya kepada Eigerian yang dengan upaya keras mau meluangkan waktu dan tenaga untuk berkreasi membuat konten berhubungan dengan Eiger. Terima kasih banyak," katanya.

3. YouTuber mengaku tidak mendapatkan keuntungan apapun dari konten yang Ia buat

Banyak Dikecam Warganet, Eiger Indonesia Akhirnya Minta Maaf

Sebelumnya, surat kritian ini ramai diperbincangkan usai salah seorang pengguna Twitter dengan akun @duniadian atau bernama Dian Widiyanarko mengunggah surat dari PT Eiger yang keberatan dengan ulasannya atas produk kacamata sepeda Eiger Kerato.

Dalam surat tersebut Eiger menilai bahwa ulasan produk lewat video di akun Youtube @duniadian kurang bagus dari segi pengambilan video yang dapat menyebabkan produk mereka terlihat berbeda baik dari segi warna, bahan, dan detail aksesoris menjadi terlihat kurang jelas.

"Halo @eigeradventure jujur kaget saya dapat surat begini dari anda. Lebih kaget lagi baca poin keberatannya. Saya kan review produk gak anda endorse. Kalau anda endorse atau ngiklan bolehlah komplen begitu. Lha ini beli, gak gratis, lalu review pake alat sendiri," dalam cuitan Dian.

4. Fiersa Besari turut mengomentari insiden ini

Banyak Dikecam Warganet, Eiger Indonesia Akhirnya Minta Maafinstagram.com/sajak_fiersa

Dian pun meminta maaf atas ulasan produk tersebut. Dia menyebutkan bahwa dirinya bukanlah YouTuber bintang lima yang alatnya serba bagus.

"Malah seharusnya anda berterima kasih, dapat promosi gratis ke 37ribu subscribers. Wong videonya tone-nya positif," paparnya.

"Mulai hari ini saya tidak akan beli produk anda lagi dan tidak akan me-review di channel saya lagi. Biar hanya youtuber bintang lima dengan alat canggih saja yang me-review produk anda," kata dia.

Atas cuitan ini, banyak warganet yang mendukung langkah Dian termasuk musisi Bandung Fiersa Besari. Dalam cuitannya, dia mengaku bahwa mengkomentari hal ini bukanlah ranahnya. Namun dia pun sudah menyampaikan persoalan ini ke tim Eiger.

"Sebetulnya bukan ranah saya, karena saya bukan staf yang bekerja di Eiger. Tapi sebagai rekan, barusan saya forward tweet ini ke tim Eiger dan bilang, “Kok kayak mengekang kebebasan berpendapat? Padahal modalin videonya juga enggak.” Alias, surat yang sangat konyol," cuitnya.

Baca Juga: Komentari Ulasan YouTuber, Eiger Indonesia Dikecam Warganet

Baca Juga: Eiger Viral Gegara Kirim Surat Keberatan ke Youtuber, Begini Isinya

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya