29 Orang Luka Akibat Angin Puting Beliung Sumedang dan Bandung

Dinkes Jawa Barat kini masih mendata jumlah warga terdampak

Bandung, IDN Times - Peristiwa bencana angin puting beliung di Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung pada Rabu (21/2/2024), menyebabkan 29 orang mengalami luka ringan, dan kerusakan beberapa rumah warga.

Data itu disampaikan oleh Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin saat meninjau langsung lokasi terdampak angin puting beliung di wilayah Rancaekek-Jatinangor, menggunakan kendaraan motor.

"Di Klinik Kahatex tadi ada 19 pasien luka ringan. kemudian saya ke Rumah Sakit Kesejahteraan Keluarga 10 luka ringan, semua berobat jalan. Kadinkes Jabar saat ini tengah mendata berapa jumlah pasien," ujar Bey melalui pesan WhatsApp, Rabu (21/2/2024).

Bey mengungkapkan, dari data yang diterimanya ada pegawai pabrik yang turut tertimpa pohon dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Kesejahteraan Keluarga.

"Di Rumah Sakit Kesejahteraan keluarga korban pegawai pabrik yang akan pulang tiba-tiba kakinya tertimpa tembok. ada yang luka di kepala tapi tidak ada luka serius," kata dia.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat melaporkan, berdasarkan data sementara ada sebanyak 10 unit rumah terdampak mengalami kerusakan di Kampung Situbuntu, Kecamatan Cimanggung. Total 49 jiwa atau 19 kepala keluarga. Selain rumah terdampak ada juga dua orang warga mengalami luka-luka

"Tim BPBD Jabar sudah ke lokasi kejadian. Relawan bersama aparatur setempat bergotong royong membersihkan sisa puing-puing reruntuhan dan membantu menebang pohon yang menghalangi jalan," ucap Humas BPBD Jabar Hadi Rahmat melalui keterangan resmi yang diterima, Rabu (21/2/2024).

Baca Juga: Angin Puting Beliung Robohkan Sejumlah Pohon dan Baliho Raksasa 

Baca Juga: Puting Beliung, Lima Rumah di Jatitujuh Majalengka Rusak

Topik:

  • Yogi Pasha
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya