TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dampak Wabah Corona, Ratusan Buruh Tambang Karst di KBB Dirumahkan

Produksi turun sampai 70 persen

Ilustrasi pertambangan (Pexels.com/Tom Fisk)

Bandung Barat, IDN Times - Ratusan buruh tambang di kawasan Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dirumahkan. Keputusan perusahaan tambang untuk merumahkan pekerjanya itu terjadi sebagai dampak pandemi COVID-19.

Terlebih, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di daerah Jakarta, Banten, Depok dan sebagian wilayah lain, menghambat pendistribusian hasil tambang. Alhasil, perusahaan tambang harus mengurangi produksi hingga 70 persen dan terpaksa harus mengurangi jumlah pekerjanya.

1. Produksi tambang lumpuh dampak PSBB di Jabodetabek

Suasana sepi di Jalan Sudirman, Jakarta pada Kamis (9/4/2020). (IDN Times/Herka Yanis)

Ketua Himpunan Pengusaha Pekerja Masyarakat Tambang (HP2MT) KBB, Taofik E. Sutarman mengatakan, selama COVID-19 mewabah sampai saat ini, seluruh pengusaha tambang terpaksa harus mengurangi pekerjanya. Tercatat, sekitar seratus buruh sudah dirumahkan.

"Karena yang terkena dampak ini dari mulai industri pengolahan tambang sampai industri bahan baku. Untuk di wilayah Jabodetabek banyak yang tutup, jadi dari sini gak bisa support," ujarnya saat dihubungi pada Rabu (22/4).

"Apalagi saat ini, pasti lebih parah. Tapi kami akan tetap berjalan hanya saja kapasitasnya diturunin, misalnya karyawan bisa di-rolling yang asalnya satu sif jadi dua sif," imbuhnya.

2. Ratusan buruh yang dirumahkan dibantu sembako

Ilustrasi sembako (IDN Times/Daruwaskita)

Di kawasan batu karst tersebut tercatat ada 34 perusahaan tambang dengan total buruh sekitar 5.000 orang. Taofik memastikan, ratusan buruh yang dirumahkan itu mendapat tunjangan bantuan berupa sembako.

"Untuk hak-haknya kita tetap berikan, karena mereka juga sudah terdampak COVID-19. Kita tetap bantu mereka termasuk diberikan sembako," ujarnya.

3. Sebanyak 1.000 paket sembako disiapkan untuk buruh yang dirumahkan

ANTARA FOTO/Arnas Padda

Bagi buruh yang dirumahkan, Taofik menjamin kebutuhan pokok. Pihaknya menyiapkan 1000 sembako untuk warga sekitar kawasan karst khususnya bagi buruh yang dirumahkan.

"COVID-19 sangat berdampak pada masyarakat sekitar karena penghasilannya terganggu. Kita bagikan 1.000 paket sembako," tandasnya.

Berita Terkini Lainnya