Comscore Tracker

Tabrak Truk di Tol Cipali, Kepala BKD Jabar Yerry Yanuar Tewas

Polisi masih menyelidiki kronologi dan penyebab kecelakaan

Subang, IDN Times - Kecelakaan lalu lintas di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Tol Cipali) menewaskan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Jawa Barat, Yerry Yanuar, Jumat (25/11/2022). Kejadian itu dilaporkan sekitar pukul 13.30 WIB di Kilometer 92 B wilayah Kabupaten Subang.

Menurut Kepala Unit Kecelakaan Lalu Lintas Polisi Resor Subang, Inspektur Dua (Ipda) Endang, kecelakaan tersebut melibatkan dua kendaraan. “Yakni, kendaraan Jeep Mitsubishi Pajero bernomor D-1016-AIP dengan Kendaraan Truk Tronton Hino BK-9460-CE, " katanya mengonfirmasi.

Pada saat dihubungi, Endang mengaku masih melakukan olah Tempat Kejadian Perkara bersama Satuan Patroli Jalan Raya Tol Cipali. Sehingga, ia berdalih belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut kepada awak media.

1. Mobil korban diduga menabrak bagian belakang truk

Tabrak Truk di Tol Cipali, Kepala BKD Jabar Yerry Yanuar Tewasdok PJR Tol Cipali

Petugas telah memastikan identitas korban yang tewas dalam kecelakaan itu. “Untuk korban, satu orang meninggal dunia atas nama Dr.Ir. Yerry Yanuar. Jenis kelamin laki-laki, pekerjaan PNS, dengan Alamat Jalan Gamelan Nomor 30 Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, " ujar Endang.

Dari foto terlihat kendaraan yang ditumpangi korban menabrak bagian belakang truk hingga mengalami kerusakan parah. Kecelakaan tersebut diduga merupakan tabrakan belakang yang sudah sering terjadi di Tol Cipali selama ini.

2. Polisi memeriksa dua pengemudi yang terlibat tabrakan

Tabrak Truk di Tol Cipali, Kepala BKD Jabar Yerry Yanuar TewasIlustrasi tabrakan (IDN Times/Mardya Shakti)

Meskipun demikian, Endang mengaku masih melakukan penyelidikan lebih lanjut mengenai kronologi dan penyebab kecelakaan tersebut. "Kami masih melakukan olah TKP saat ini. Untuk kronologinya nanti diinformasikan kembali,” katanya menegaskan.

Selain itu, polisi juga diketahui telah melakukan pemeriksaan terhadap dua pengemudi kendaraan yang terlibat kecelakaan. Di antaranya, pengemudi Pajero D-1016-AIP, bernama Abdul Azis (53) warga Kelurahan Cicaheum Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung.

Serta, pengemudi truc BK-9460-CE yang bernama Safei (49). Laki-laki tersebut mengaku berasal dari Sumber Urip Selupu, Rajang Lebong, Bengkulu.

3. Kecelakaan di Tol Cipali umumnya karena faktor kelalaian

Tabrak Truk di Tol Cipali, Kepala BKD Jabar Yerry Yanuar TewasIDN Times/Abdul Halim

Sementara itu, Astra Tol Cipali selaku pengelola telah melakukan kampanye keselamatan berkendara kepada sejumlah pengendara yang beristirahat di Rest Area Cipali. Dalam kegiatan itu, pihak pengelola menyebutkan kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama ini didominasi faktor kelalaian pengendara.

“Sekitar 86 persen kecelakaan di Tol disebabkan oleh faktor kelalaian manusia yang terdiri dari mengantuk, lelah, kurang antisipasi dan overspeed,” ujar Direktur Operasi Astra Tol Cipali, Agung Prasetyo dalam konferensi pers saat itu.

Baca Juga: Kecelakaan di Cipali 3 Orang Meninggal, Polisi Amankan Supir Minibus

Baca Juga: Gadis Madura Tewas setelah Tabrak Belakang Truk di Tol Cipali

Baca Juga: Kesadaran Pengendara Rendah, Kecelakaan di Tol Cipali Sulit Dicegah

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya