Comscore Tracker

Pola Hidup Tak Sehat, Generasi Muda Karawang Kurang Beraktivitas

Pemkab Karawang luncurkan Program Gres Kece di sekolah

Karawang, IDN Times - Generasi muda Kabupaten Karawang terancam berbagai macam penyakit kronis seperti stroke, diabetes, hingga penyakit jantung. Penyakit-penyakit tersebut terjadi lantaran banyak di antara mereka tidak menerapkan pola hidup sehat.

Menurut data Dinas Kesehatan, sekitar 22 persen anak di daerahnya terindikasi kekurangan darah. Kondisi itu diperburuk dengan aktivitas yang kurang, merokok, tidak sarapan, dan sering mengonsumsi makanan siap saji.

"Itu berbanding lurus dengan prevalensi naiknya penyakit stroke, diabetes, jantung pada anak-anak muda," kata Kepala Dinkes Kabupaten Karawang Endang Suryadi dalam keterangan pers yang dirilis Dinas Komunikasi dan Informasi Karawang, Rabu (7/9/2022).

1. Generasi muda enggan beraktivitas di luar rumah

Pola Hidup Tak Sehat, Generasi Muda Karawang Kurang Beraktivitasinstagram/dianasuganda

Endang menyebut tiga dari lima anak di daerahnya kurang beraktivitas. Hal itu diduga akibat anak-anak saat ini lebih senang bermain gawai maupun teknologi lainnya sehingga mereka tidak berminat untuk bermain dan beraktivitas di luar rumah.

Ia juga menyebutkan setidaknya ada satu dari empat anak yang pernah merokok. Kemudian, dua dari tiga anak juga mengaku tidak sarapan dan sering mengonsumsi makanan siap saji yang mengandung bahan-bahan tidak menyehatkan.

2. Ratusan siswa di Karawang ikuti Program Gres Kece

Pola Hidup Tak Sehat, Generasi Muda Karawang Kurang BeraktivitasIlustrasi siswa SMPN dan orang tuanya. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Untuk mencegah risiko tersebut, Dinkes Karawang meluncurkan Gerakan Remaja Sehat Keren dan Cerdas (Gres Kece) di Sekolah Al Azhar Karawang beberapa waktu lalu. Kegiatan itu sekaligus dalam rangka Hari Jadi ke-389 Karawang.

Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh, dan pemangku kebijakan hingga para pejabat di lingkungan pemerintah daerah setempat. Adapun, peserta kegiatan tersebut berjumlah 389 siswa.

3. Empat kunci utama jadi fokus program Gres Kece

Pola Hidup Tak Sehat, Generasi Muda Karawang Kurang BeraktivitasIlustrasi Aktivitas Olahraga (IDN Times/Athif Aiman)

Program Gres Kece mencakup empat kunci utama yakni rajin berolahraga, tidak merokok, rajin makan buah sayur, serta meminum tablet tambah darah sepekan sekali. "Anak-anak ini adalah tulang punggung negara masa depan," ujar Endang berharap para peserta ikut menyosialisasikan kepada teman-temannya.

Dalam pidato sambutannya, bupati meyakinkan program Gres Kece bisa menjadi solusi nyata dalam mengembangkan kesadaran masyarakat akan kesehatan. Menurutnya, kesehatan adalah faktor terpenting dalam kehidupan masyarakat mengalahkan harta dan jabatan.

4. Pemkab Karawang menyongsong Indonesia Emas 2045

Pola Hidup Tak Sehat, Generasi Muda Karawang Kurang BeraktivitasIstimewa

Cellica mengatakan, Indonesia telah memasang visi 2045 Indonesia Emas. Artinya, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi dan usia produktif saat itu akan lebih besar dan banyak dibandingkan usia tua atau lanjut. Sehingga, Pemkab Karawang merasa perlu menyiapkan kesehatan anak-anak sejak sekarang.

Generasi yang kuat dan cerdas diakui untuk memastikan masa depan bangsa menyongsong Indonesia Emas 2045. "Tugas orangtua adalah menjaga anak-anaknya, tugas guru mendidik anak-anaknya, tugas kami pemda menyiapkan masa depan mereka," kata Bupati.

Baca Juga: 5 Cara Ajarkan Anak Bersemangat Jalani Pola Hidup Sehat

Baca Juga: 10 Video Pola Hidup Sehat ala Nirina Zubir, Sering Makan Sayur Mentah

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya