Comscore Tracker

Peringati Kemerdeakaan, Petani Subang Upacara Bendera di Tengah Sawah

Dedi Mulyadi apresiasi petani perjuangkan ketahanan pangan

Subang, IDN Times - Puluhan petani di Desa Situsari, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang, menggelar upacara bendera di tengah pesawahan. Kegiatan itu dilakukan untuk memperingati Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Dedi Mulyadi yang hadir dalam kegiatan itu mengapresiasi kerja keras para petani yang ikut berjuang memenuhi kebutuhan pangan nasional. Menurutnya, upacara yang digelar para petani merupakan bentuk nasionalisme mereka.

“Perjuangan petani Indonesia berhasil membawa Indonesia tak jatuh ke jurang resesi (ekonomi). Sebab, selama pandemik COVID-19, ekonomi Indonesia tetap terjaga karena peran pertanian,” tutur Dedi dalam keterangan persnya, Rabu (17/8/2022).

1. Indonesia sudah tiga tahun terakhir tak mengimpor beras

Peringati Kemerdeakaan, Petani Subang Upacara Bendera di Tengah SawahIlustrasi gudang beras (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)

Mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo, sejak 2019 Indonesia konsisten menghasilkan 31,3 juta ton beras. Sejak saat itu pula Indonesia tak lagi mengimpor beras, termasuk dalam pemenuhan beras medium untuk konsumsi masyarakat.

“Indonesia tiga tahun (terakhir) tidak impor beras. Buruh tani inilah yang menghidupkan tanah dan air hingga melahirkan jutaan beras,” kata Dedi, menegaskan. Karena jasa-jasa mereka, ia menilai pemerintah perlu lebih memerhatikan kesejahteraan petani.

2. Prosesi pengibaran bendera berlangsung khidmat

Peringati Kemerdeakaan, Petani Subang Upacara Bendera di Tengah Sawahdok Dedi Mulyadi

Dalam upacara tersebut, para petani berbaris mengelilingi tiang bendera yang ditancapkan di tengah sawah yang telah dipanen. Tanah lumpur yang mengotori kaki tak membebani karena mereka memang terbiasa dengan kondisi itu sehari-hari.

Mereka pun berdiri tegak menghormat ke hadapan bendera merah putih yang sedang dikibarkan. Suasana khidmat terasa saat lagu “Indonesia Raya” dinyanyikan oleh para petani, seiring dengan prosesi pengibaran bendera.

3. Para petani dapat bantuan uang tunai dari Dedi Mulyadi

Peringati Kemerdeakaan, Petani Subang Upacara Bendera di Tengah SawahIDN Times/Istimewa

Seusai upacara bendera, Dedi Mulyadi pun memberikan sejumlah bantuan berupa uang kepada para petani. Bantuan tersebut diberikan agar mereka bisa merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia kali ini bersama keluarganya masing-masing.

“Saatnya mereka berkumpul bersama keluarga dengan bekal yang cukup,” kata Dedi, seusai pembagian bantuan kepada para petani. Upacara dan bantuan tersebut menjadi berkah tersendiri karena biasanya mereka tetap bekerja meskipun pada hari libur seperti itu.

Baca Juga: Diharapkan Petani, Pengoperasian Pabrik Gula di Subang Diundur Setahun

Baca Juga: Kesal pada Ambulans, Curhat Dedi Mulyadi Tolong Korban Celaka di Tol

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya