Comscore Tracker

Perahu Terbalik di Sungai Cipunagara Subang, Seorang Hilang

Tim SAR masih mencari penumpang yang hilang

Subang, IDN Times - Perahu bermuatan tujuh orang terbalik di Sungai Cipunagara, Desa Compreng, Kecamatan Compreng, Kabupaten Subang, Senin (22/11/2021) malam. Salah seorang penumpang dinyatakan hilang dan masih dalam pencarian petugas.

Kejadian tersebut dilaporkan ke Kantor Pencarian dan Penyelamatan (Search And Rescue/SAR) Bandung pukul 23.00 WIB malam tadi. "Berdasarkan informasi yang diterima waktu kejadian pada Senin (22/11/2021) pukul 19.00 WIB," kata Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah, Selasa (23/11/2021)

Ia mengatakan laporan itu disampaikan oleh personel Kepolisian Sektor Compreng. Mereka diketahui sudah terlebih dahulu melakukan pencarian bersama warga setempat namun tidak berhasil.

1. Perahu penumpang tiba-tiba terbalik tiga meter sebelum sampai ke tepian

Perahu Terbalik di Sungai Cipunagara Subang, Seorang HilangIlustrasi tenggelam. (dok. IDN Times/bt)

Deden mengatakan kejadian itu dialami perahu penyebrangan yang mengangkut tujuh orang penumpang saat menyeberangi sungai Cipunagara. Perahu tersebut sedianya berangkat dari Desa Bojonegara ke Sukasenang Kecamatan Compreng.

"Namun, sekitar tiga meter sebelum sampai di tujuan itu perahu terbalik. Enam orang selamat dan satu orang masih dalam pencarian hingga saat ini," kata Deden dalam keterangan persnya. Namun, ia belum mengetahui penyebab terbaliknya perahu itu.

2. Identitas korban perahu yang terbaik di Subang

Perahu Terbalik di Sungai Cipunagara Subang, Seorang HilangIlustrasi (IDN Times/Basarnas Makassar)

Menurut data dari masyarakat, korban merupakan seorang laki-laki bernama Udin (38 tahun). Korban merupakan warga Dusun Karangsari RT/RW 12/32 Desa Compreng, Kecamatan Compreng, Kabupaten Subang.

Sedangkan, enam penumpang lain yang selamat antara lain Asmadi, Darka, Cariban, Herudin dan Kusnadi yang berasal dari Karangsari. Adapun, seorang korban terakhir bernama Otong asal Bojongasem.

Para korban disebut telah mendapatkan penanganan medis sesaat setelah dievakuasi oleh warga.

3. Pencarian difokuskan di radius delapan kilometer

Perahu Terbalik di Sungai Cipunagara Subang, Seorang HilangDok Kantor SAR Bandung

Kantor SAR Bandung dikatakan telah memberangkatkan satu tim rescue menuju lokasi kejadian pada pukul 23.20 WIB malam kemarin. Namun, setelah melakukan pencarian sepanjang malam, korban belum juga bisa ditemukan.

Personel dari unit Siaga SAR Karawang itu kembali melakukan pencarian pada Selasa pagi pukul 07.00 WIB. "Fokus pencarian dari sekitar LKP (Last Known Position) sungai Cipunagara Desa Bojonegara Kecamatan Tambak Dahan sampai dengan Desa Pusaka Ratu Kecamatan Pusakanegara sejauh delapan kilometer," ujar Deden.

4. Tim pencarian korban melibatkan berbagai unsur

Perahu Terbalik di Sungai Cipunagara Subang, Seorang HilangPetugas SAR Bantaeng mengevakuasi nelayan. IDN Times/ SAR Bantaeng

Unsur SAR yang terlibat antara lain Basarnas Unit Siaga SAR Karawang, BPBD Subang, Polsek Compreng, Damkar Subang. Mereka pun dibantu relawan dari Tagana Subang, MAP Subang, Himapala, Relawan Pasundan, PKPM, Scout Rescue Subang dan KRI Subang.

Adapun alat yang digunakan tim yaitu satu unit LCR Basarnas, satu Unit LCR Damkar Subang, satu Set Palkom, satu Set Pal Medis dan satu Unit Rescue Carrier. "Semoga korban segera ditemukan dengan sumber daya manusia dan peralatan yang ada," ujar Deden.

Baca Juga: Korban Tenggelam di Sungai Mahakam Ditemukan 6 Km dari Lokasi Bencana 

Baca Juga: Tiga Orang Dilaporkan Tenggelam di Pantai Manggar Balikpapan

Baca Juga: Buaya Muara Berkeliaran di Pesantren Gegerkan Santri dan Warga Purwakarta

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya