Harga Minyak Goreng Curah di Purwakarta Masih di Atas HET

Bupati dan Kapolres sidak ke pasar untuk turunkan harga

Purwakarta, IDN Times - Perederan minyak goreng curah di pasar diketahui belum seluruhnya mengikuti harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah. Seperti yang terjadi di pasar tradisional Pasar Rebo, di Kabupaten Purwakarta, misalnya.

Tidak sedikit pedagang minyak goreng curah di pasar tradisional Kabupaten Purwakarta mendapatkan pasokan dari agen. Itu menjadi alasan mendasar mengapa para pedagang memasang harga jual masih lebih mahal dari HET yang ditentukan pemerintah.

Kondisi itu diketahui dari hasil peninjauan Kepala Polisi Resor Purwakarta bersama Bupati di pasar tradisional, Jumat (27/5/2022). "Mayoritas pedagang di Pasar Rebo menjual minyak goreng curah secara variatif di harga Rp16.500 per liter, hingga Rp20.000 per liter,” kata Bupati Anne Ratna Mustika, kepada wartawan.

Kegiatan itu dilakukan sehari setelah kedatangan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan ke Purwakarta. Dalam kunjungannya itu, Luhut meminta bupati dan Kapolres bekerja sama mengawasi pasokan dan harga minyak goreng curah di daerahnya.

1. Persediaan minyak goreng curah melimpah di agen

Harga Minyak Goreng Curah di Purwakarta Masih di Atas HETilustrasi minyak goreng curah (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Menurut laporan dari Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Purwakarta, harga minyak goreng curah di sana memang lebih mahal. “Di antara pasar tradisional yang ada di Kabupaten Purwakarta, Pasar Rebo ini tertinggi dalam menjual minyak goreng curah," kata Anne.

Meskipun demikian, persediaan minyak goreng curah di pasar maupun agen yang ada Kelurahan Cipaisan, Kecamatan Purwakarta, dipastikan melimpah melebihi kebutuhan rata-rata harian. Namun, Anne tidak menyebutkan jumlah stok dan perbandingannya dengan kebutuhan masyarakat.

2. Hanya satu pedagang yang ditemukan menjual minyak sesuai HET

Harga Minyak Goreng Curah di Purwakarta Masih di Atas HETPedagang mengemas minyak goreng curah. (IDN TIMES/Santi Dewi)

Ke depannya, Anne berharap para pedagang yang tergabung di Ikatan Warga Pasar (IWAPA) Pasar Rebo, bisa menjual minyak goreng curah sesuai HET yang ditempatkan pemerintah. "Bagi para distributor, agen, dan pengecer atau pedagang agar tetap menjual tidak melebihi HET sebesar Rp14.000 per liter atau Rp15.500 per kilogram," ujarnya.

Dari sekian banyak pedagang minyak goreng curah, Anne mengaku hanya menemukan satu pedagang yang menjual sesuai HET, yakni Toko MW. Menurut pemilik toko, harga minyak goreng curah bisa dijual sesuai HET karena ia mendapatkan suplai barang langsung dari supplier.

3. Pedagang diarahkan dapat pasokan langsung dari pabrik

Harga Minyak Goreng Curah di Purwakarta Masih di Atas HETSeorang pedagang menimbang minyak goreng curah di salah satu kios di Pasar Senen, Jakarta, Rabu (2/2/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.

Lebih lanjut, pemerintah mengarahkan para pedagang di pasar tradisional di Purwakarta agar mendapatkan pasokan langsung dari pabrik. "Jadi tidak lagi pedagang mencari minyak goreng ke agen-agen, tapi dari pabrik bakal menyuplai langsung ke pasar-pasar tradisional di Purwakarta,” kata Anne.

Ia mengancam pihak-pihak yang mengganggu jalur distribusi tersebut untuk ditindak tegas oleh polisi. Namun, lagi-lagi bupati tidak merinci tindakan apa yang akan dilakukan terhadap pihak yang dimaksudnya itu.

4. Kapolres akan lakukan tindakan preventif dan monitoring

Harga Minyak Goreng Curah di Purwakarta Masih di Atas HETAbdul Halim/IDN Times

Sementara itu, Kapolres Purwakarta, Ajun Komisaris Besar Suhardi Hery Haryanto juga mengatakan akan melakukan tindakan preventif sesuai dengan aturan yang berlaku. Ia menambahkan, polisi juga sudah memerintahkan jajarannya untuk me-monitoring stok dan penjualan minyak goreng di wilayah hukum mereka.

"Kami sudah perintahkan para Kapolsek dan Babinkamtibmas untuk lakukan monitoring ke setiap pasar tradisional, warung, ataupun agen-agen di wilayah masing-masing," ujar Hery menegaskan. Hingga saat ini, belum ada laporan terkait hasil pemantauan polisi di lapangan.

Baca Juga: Suplai Minyak Goreng Curah Minim, Penerapan HET Sulit Dilakukan 

Baca Juga: 5 Daerah di Jabar Ini Paling Rawan Aksi Pungli PPDB 2022! 

Baca Juga: Sejak Awal Tahun 2022, Ada 290 Berita Bohong di Jabar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya