Comscore Tracker

Kendaraan Relawan Bantuan Bencana Cianjur Tabrakan di Tol Cipali

Seorang penumpang pikap meninggal dunia dan sopirnya terluka

Subang, IDN Times - Kecelakaan beruntun melibatkan tiga kendaraan terjadi di Jalan Tol Cikopo-Palimanan, Rabu (7/12/2022) siang. Dua kendaraan yang terlibat tabrakan itu ternyata mengangkut rombongan relawan dan bantuan untuk korban bencana alam gempa bumi Cianjur.

Ketiga kendaraan tersebut adalah pikap bernomor E-8546-QE, bus Hino Setia Negara B-7896-TGC dan kendaraan minibus Luxio dengan nomor E-1588-QJ. Menurut laporan dari petugas Patroli Jalan Raya (PJR) Tol Cipali, lokasi kecelakaan masuk wilayah kilometer 91 Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang.

Kecelakaan itu menyebabkan salah seorang penumpang tewas dan seorang lainnya luka berat.

"Meninggal dunia atas nama Tasa (42 tahun) warga Kabupaten Indramayu serta satu lainnya atas nama Suranta sopir mobil pikap mengalami luka berat," kata Panit II PJR Cipali Ipda Raden Nugraha, Rabu (7/12/2022).

1. Kecelakaan diduga akibat bus yang tidak jaga jarak

Kendaraan Relawan Bantuan Bencana Cianjur Tabrakan di Tol CipaliIlustrasi tabrakan (IDN Times/Mardya Shakti)

Raden menceritakan kronologi kejadian berawal dari kendaraan bus yang dikendarai oleh Riki Nurgiansah yang diduga kurang antisipatif. Petugas meyakini kendaraan tersebut tidak menjaga jarak aman dengan kendaraan di depannya sehingga menyebabkan tabrakan.

"Pengemudi (bus) kurang antisipasi dan jaga jarak aman sehingga menabrak belakang kendaraan pikap yang dikendarai oleh Suranta. Kemudian, kendaraan pikap terbalik dan tertabrak kendaraan Luxio yang dikendarai oleh Bambang yang datang dari arah yang sama," tutur Raden dalam keterangan persnya.

2. Korban jiwa dan luka berat penumpang dan sopir pikap

Kendaraan Relawan Bantuan Bencana Cianjur Tabrakan di Tol Cipaliilustrasi korban (IDN Times/Mardya Shakti)

Akibat tabrakan beruntun itu, ketiga kendaraan mengalami kerusakan cukup parah. Kondisi paling parah dialami mobil pikap bahkan seorang penumpang di antaranya meninggal dunia dan sopirnya terluka parah hingga harus menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit.

Korban tewas maupun luka-luka langsung dibawa ke RS Abdul Radjak Purwakarta. Hingga saat ini petugas masih melakukan penyelidikan penyebab kecelakaan tersebut. “Kecelakaan kali ini masih ditangani oleh jajaran Satlantas Polres Subang,” kata Raden.

3. Rombongan relawan memilih kembali ke Indramayu

Kendaraan Relawan Bantuan Bencana Cianjur Tabrakan di Tol CipaliRSU Dr. Abdul Radjak Purwakarta (Google Maps/Radjak Hospital Purwakarta)

Sementara itu, salah seorang tim relawan bernama Kamal mengaku berangkat dari Indramayu menggunakan enam unit mobil. Namun, dua kendaraan yang membawa logistik bantuan untuk korban bencana alam di Cianjur itu mengalami kecelakaan.

"Hari ini ada rencana mengantarkan bantuan ke saudara-saudara kita yang tertimpa musibah di Cianjur," ujar Kamal saat ditemui di ruang Instalasi Gawat Darurat RS Abdul Radjak. Ia mengatakan, penyaluran bantuan untuk korban bencana alam di Cianjur ini adalah yang ketiga kalinya.

Setelah kecelakaan yang dialami rombongannya, Kamal memutuskan seluruh relawan kembali ke Indramayu. Keputusan itu diakui untuk menghindari hal yang tidak diinginkan setelah kecelakaan.

Baca Juga: Tabrakan di Cipali, Laju Mobil Kepala BKD Jabar Diduga Tak Terkontrol

Baca Juga: Tabrak Truk di Tol Cipali, Kepala BKD Jabar Yerry Yanuar Tewas

Baca Juga: Kesadaran Pengendara Rendah, Kecelakaan di Tol Cipali Sulit Dicegah

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya