Comscore Tracker

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika Umumkan Positif COVID-19

Kasus aktif COVID-19 di Purwakarta mencapai 1.000 lebih

Purwakarta, IDN Times - Bupati Anne Ratna Mustika mengumumkan hasil tes usapnya dinyatakan positif COVID-19. Pernyataan itu disampaikan langsung olehnya melalui video singkat yang disebarkan oleh pemerintah daerah setempat, Kamis (17/2/2022).

Dengan demikian, Anne mengaku akan menjalani Isolasi mandiri. "Mulai hari ini saya melaksanakan isolasi mandiri di rumah dinas karena hasil tes swab saya menunjukkan positif (COVID-19)," katanya.

Anne meyakini serangan Covid-19 yang dialaminya tidak menunjukkan gejala yang berarti. Ia mengaku merasa masih sehat dan tetap beraktivitas secara normal seperti biasanya.

1. Anne tertular dari orang yang positif COVID-19

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika Umumkan Positif COVID-19Dok Pemda Purwakarta

Dalam video tersebut, bupati juga menceritakan secara singkat kronologi ia tertular COVID-19. "Saya menjalani tes swab karena memang sempat kontak erat dengan orang yang sudah terkena (COVID-19)," ujar Anne tanpa menyebutkan orang yang dimaksud.

Selama masa isoman, Anne mendelegasikan tugasnya kepada Wakil Bupati Purwakarta H Aming, Sekretaris Daerah Iyus Permana dan para kepada dinas. Ia memastikan aktivitas pemerintahan akan tetap berjalan normal.

2. Kasus aktif COVID-19 di Purwakarta lewati 1.000 kasus

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika Umumkan Positif COVID-19Dok Satgas COVID-19 Purwakarta

Anne pun berpesan agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak fisik dengan orang lain. Menurutnya, penyebaran COVID-19 di Purwakarta saat ini memang mengalami lonjakan yang signifikan.

Menurut data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Purwakarta, kasus aktif Covid-19 hingga saat ini mencapai 1.021 orang. Penambahan kasus baru dalam sehari itu tercatat mencapai 72 orang.

3. Bupati diisolasi minimal 10 hari ke depan

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika Umumkan Positif COVID-19Ilustrasi ruang isolasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Kepala Bidang Pengendalian Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Purwakarta, Erlitasari Kusuma Wardani menjelaskan penanganan COVID-19 kepada bupati. Ia dijadwalkan akan menjalani Isolasi mandiri selama 10 hari ke depan.

"Kalau demam, tambah tiga hari (hingga) bebas demam. Tapi sekarang masih diobservasi dulu. Mudah-mudahan cepat sehat kembali," tutur Erlitasari saat dihubungi wartawan.

Baca Juga: Dulu Mojang Kini Bupati Purwakarta, Intip 4 Fakta Ambu Anne Ratna

Baca Juga: Penyebaran COVID-19 Meluas, Sekolah di Purwakarta Mulai PJJ 100 Persen

Baca Juga: Purwakarta Sulit Lacak Omicron di Tengah Lonjakan Kasus Baru COVID-19

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya