Pesawat Delagasi KTT ASEAN dari Kanada Parkir di BIJB Kertajati

Pesawat meninggalkan BIJB Kertajati Majalengka Kamis pagi

Majalengka, IDN Times- Satu pesawat kenegaraan delegasi KTT ASEAN mendarat di Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Selasa (5/9/2023). Pesawat jenis Airbus 3-10 akan berada di parkiran BIJB hingga Kamis (7/9/2023).

Pesawat tersebut berada di BIJB setelah mengantarkan tamu undangan dari Kanada untuk menghadiri KTT ASEAN di Jakarta. Hingga Selasa, baru ada satu pesawat, dari lima pesawat yang rencananya akan terparkir di BIJB.

"Hari ini di Kertajati sudah ada satu pesawat yang landing dan sudah parkir di Bandara Kertajati. Itu dari pesawat kenegaraan Kanada. Landing kan 14.12 WIB," kata Executive General Manager BIJB Nuril Huda Mahmudan, Selasa (5/9/2023).

1. BIJB hanya untuk parkir sementara

Pesawat Delagasi KTT ASEAN dari Kanada Parkir di BIJB KertajatiInin Nastain/ BIJB Kertajati Majalengka

Dalam KTT ASEAN ke-43 ini, BIJB menjadi salah satu bandara yang ditunjuk sebagai tempat mendarat pesawat delegasi. Rencana awal, akan ada lima pesawat delegasi yang terparkir di BIJB, meski hingga hari terakhir, hanya ada satu pesawat yang terparkir.

Nuril menjelaskan, pesawat dari Kanada itu tiba di BIJB dalam keadaan kosong. Pasalnya, tamu undangan KTT sudah berada di Jakarta, lewat Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

"Semuanya (pesawat) menurunkan perdana menteri atau presidennya masing-masing di Soekarno-Hatta. Kemudian setelah proses selesai, baru dari Jakarta menuju ke bandara-bandara yang sudah ditentukan, salah satunya Kertajati. Dan untuk (delegasi dari) Kanada mereka RON-nya di Kertajati," jelas dia.

"Di sini hanya parkir saja. Karena delegasinya sudah turun di Soetta. Setelah mengantar ke Soetta, pesawatnya ke sini," lanjut dia.

2. Airbus 3-10 akan lepas landas pada Kamis pagi

Pesawat Delagasi KTT ASEAN dari Kanada Parkir di BIJB KertajatiInin Nastain/ BIJB tampak dari bagian depan

Pesawat Airbus 3-10 yang mengangkut delegasi dari Kanada itu rencananya akan berada di BIJB selama tiga hari. Kamis (7/9/2023) pagi, pesawat tersebut akan terbang ke Jakarta untuk menjemput delegasi kembali ke negaranya.

"Balik lagi ke Jakarta untuk menjemput perdana menterinya. Dari Kertajati berangkat sekitar pukul 06.50 WIB tanggal 7 September 2023. Dari sana langsung terbang ke Kanada," tutur Nuril.

"Infonya, ada juga yang (parkir) di Yogyakarta. Jadi, setelah mengantar delegasi, pesawat-pesawat itu disebar, termasuk ke Kertajati. Ada juga yang tetap di Jakarta," katanya.

3. Traffic Jakarta yang tinggi jadi alasan pesawat delegasi disebar

Pesawat Delagasi KTT ASEAN dari Kanada Parkir di BIJB Kertajati(Google Map)

Disebarnya tempat parkir pesawat tamu undangan KTT ASEAN ke beberapa bandara, dipicu dari tingginya traffic di Jakarta. "Karena memang traffic di Jakarta sangat luar biasa, jadi tidak bisa menampung seluruh pesawat kenegaraan," kata dia.

Kendati demikian, atas beberapa pertimbangan, beberapa pesawat di antaranya tetap berada di Jakarta. Durasi mereka berada di KTT yang relatif singkat, menjadi salah satu pertimbangan pesawat kenegaraan itu tetap berada di Jakarta.

"Biasanya slotnya masih tersedia. Kemudian mereka tidak terlalu lama untuk kegiatannya. Jadi mungkin tidak sampai selesai acaranya."

"Jadi mungkin yang hanya beberapa jam, ataupun tidak menginap, itu mungkin masih bisa difasilitasi (di Jakarta)," tutur Nuril.

Baca Juga: Buka KTT ASEAN ke-43, Presiden Jokowi Serukan Persatuan ASEAN

Baca Juga: BIJB Kertajati Resmi Terima Pesawat Peserta KTT ASEAN 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya