Setahun Hadir, Apa Saja Capaian Apps Tentang Anak?

Tentang Anak akan luncurkan apss baru tahun depan

Bandung, IDN Times – Pada 26 November 2021, Tentang Anak genap berusia satu tahun dan semakin populer sebagai ekosistem parenting dan tumbuh kembang anak di Indonesia. Perusahaan ini didirikan oleh pasangan suami istri dr. Mesty Ariotedjo, dokter spesialis anak, dan Garri Juanda yang dikenal berpengalaman di bidang teknologi seperti Rakutan dan Tokopedia.

Selama berada di Indonesia, Tentang Anak telah melibatkan banyak pakar di bidangnya masing-masing, seperti Grace Eugenia Sameve, psikolog lulusan terbaik Columbia University, dan Gianti Amanda, Montessori.

Pemahaman soal men-treatment anak memang merupakan hal penting. Pasalnya, menurut data dari Kementerian Kesehatan, Indonesia memiliki populasi anak sebanyak 85,6 juta hingga saat ini. Namun, data menunjukkan lebih dari 30 persen anak Indonesia tidak tumbuh sesuai potensi optimalnya.

Belum lagi masalah stunting yang masih perlu diperhatikan oleh masyarakat. Menurut Kementerian Kesehatan, satu dari tiga balita di Indonesia mengalami stunting. Terdapat empat faktor utama yang mempengaruhi tumbuh kembang si kecil antara lain nutrisi, stimulasi, pengasuhan, dan kondisi sosioekonomi keluarga.

1. Capaian Tentang Anak di tahun perdananya

Setahun Hadir, Apa Saja Capaian Apps Tentang Anak?www.google.com

Mesty Ariotedjo, Co-founder dan CEO Tentang Anak mengatakan bahwa ia sempat mengalami kesulitan sebagai orangtua dalam mengasuh anak, sekali pun latar belakangnya ialah dokter anak.

"Hal tersebut menginspirasi kami untuk membentuk sebuah ekosistem yang dapat membantu jutaan orangtua di Indonesia menjalani peran mereka dengan lebih baik,” kata lulusan Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health ini, dalam rilis yang diterima IDN Times, Jumat (26/11/2021).

Sejak diluncurkan pada November 2020 silam, respons para orangtua terhadap ekosistem Tentang Anak sangat luar biasa. Hal itu, kata Mesty, dapat dibuktikan dari berbagai capaian yang didapat dalam setahun terkahir.

Misalnya, dia mencontohkan, Tentang Anak berhasil menjangkau setengah juta pengguna antar platform media sosial termasuk menjadi akun parenting dengan followers terbanyak di TikTok dengan jumlah like 1,1 juta dan telah ditonton sebanyak 2,5 juta kali setiap bulannya.

“Bukan hanya itu, Tentang Anak juga menjadi akun Instagram parenting dengan pertumbuhan followers (pengikut) 3 kali lebih cepat dan 2 kali lebih tinggi dalam engagement rate (interaksi) dari akun lainnya,” ujar dia.

Di sisi lain, total produk yang terjual lebih dari 12.000 buku dan dinobatkan sebagai nomor satu Buku Anak Terlaris di platform E-Commerce. Kesuksesan tersebut mendorong Tentang Anak bersama mitra untuk membagikan lebih dari 1.000 buku cerita anak ke 28 panti asuhan, 18 posyandu/puskesmas kecamatan, 5 PAUD, 3 rumah sakit nasional di Jabodetabek.

2. Event perayaan tahun pertama Tentang Anak

Setahun Hadir, Apa Saja Capaian Apps Tentang Anak?Tentang Anak (IDN Times/Istimewa)

Memperingati ulang tahun pertama, Tentang Anak mengadakan webinar dengan tema Diversity, Equity, & Inclusive atau keberagaman pada Jumat (26/11/2021). Maksudnya, mereka ingin menekankan bahwa setiap anak istimewa dengan segala keunikannya.

Tak hanya itu, lewat webinar yang sama, Tentang Anak menekankan bahwa posisi anak adalah setara dengan orangtaunya, dan inklusif--setiap orangtua di seluruh wilayah Indonesia berhak akan akses terhadap edukasi dan kebutuhan pengasuhan anak terbaik.

Webinar ini diselenggarakan sebagai bentuk komitmen Tentang Anak untuk memberikan edukasi kepada para orangtua dalam hal pola pengasuhan anak yang benar. Acara ini menghadirkan beberapa pakar di antaranya Prof. dr. Damayanti Rusli Sjarif, Prof. dr. Hardiono D. Pusponegoro, dan Prof. dr. Rini Sekartini.

3. Pada 2002, Tentang Anak akan luncurkan aplikasi parenting

Setahun Hadir, Apa Saja Capaian Apps Tentang Anak?

Di awal tahun 2022, Tentang Anak juga mengumumkan akan meluncurkan aplikasi parenting terlengkap dan terpercaya, yang akan menemani si kecil sejak bangun tidur hingga tidur lagi.

Garri Juanda menyampaikan jika Indonesia kini belum memiliki one stop solution yang holistik dan komprehensif dalam pengasuhan anak atau parenting.

“Maka itu, kami berharap aplikasi ini dapat menjadi super-app parenting yang akan memenuhi segala kebutuhan si kecil dan menemani puluhan jutaan orang tua di Indonesia, sehingga menjadi percaya diri dan optimal dalam mengasuh si Kecil.”

Aplikasi Tentang Anak merupakan aplikasi yang holistik, berisi edukasi, nutrisi, stimulasi, hingga evaluasi. Aplikasi ini memiliki menu MPASI harian, evaluasi tumbuh kembang, jadwal imunisasi, aktivitas/stimulasi harian, hingga evaluasi gejala/keluhan utama bagi si kecil.

Baca Juga: Mengenal Tiger Parenting, Pola Asuh yang Dewakan Kesuksesan Anak  

Baca Juga: 5 Kunci Healthy Parenting, agar Anakmu Tumbuh dengan Baik dan Bahagia

Baca Juga: Jangan Ditiru, Ini 5 Toxic Parenting dalam Drama The Penthouse

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya