Comscore Tracker

Lakoni Konser Virtual, Endank Soekamti Pilih Tampil Akustikan

Band punk rock ini dikenal jarang akustikan!

Bandung, IDN Times – Konser virtual merupakan aktivitas kesenian yang kini tengah digandrungi banyak orang, terutama para pecinta musik di tengah wabah virus corona (COVID-19). Di Indonesia sendiri, konser virtual akan segera dilakoni band punk rock asal Yogyakarta, Endank Soekamti, yang digelar Jumat (25/9/2020) pukul 20.00 WIB.

Ya, Endank Soekamti akan tampil beberapa jam lewat konser virtual untuk This Is My Wave Concert episode keempat garapan Supermusic. Uniknya, jika band lain memilih untuk tampil dengan instrumen elektrik yang lengkap, Endank Soekamti lebih memilih pendekatan akustik.

Hal itu tentu berbeda, mengingat konser This Is My Wave dalam tiga episode sebelumnya selalu menghadirkan band dengan instrumen elektrik yang lengkap. Konser episode pertama hingga ketiga masing-masing diisi oleh The Upstairs, The SIGIT, dan solois Jason Ranti.

Bagaimana persiapan Endank Soekamti menghadapi performa virtual itu? Lalu, apa saja yang dilakukan promotor untuk dapat memuaskan dahaga masyarakat Indonesia menikmati performa akustikan ala Endak Soekamti?

1. Kali pertama This Is My Wave menyiapkan konsep panggung akustik

Lakoni Konser Virtual, Endank Soekamti Pilih Tampil AkustikanEndank Soekamti (IDN Times/Istimewa)

Konsep full acoustic sepertinya telah disepakati betul-betul baik oleh Endank Soekamti maupun oleh promotor. Bagi Supermusic, konsep tersebut tentu menantang mereka dalam memenuhi janji untuk selalu memberi konsep yang unik dan menarik di tiap konser This Is My Wave.

Setidaknya hal tersebut yang diakui oleh Aloysius Dwiwoko Hertiyono Tiyok, perwakilan Supermusic. Baginya, performa tersebut dapat memuaskan telinga para Superfriends, sebutan untuk para penonton This Is My Wave Concert. 

“Di episode keempat nanti, This Is My Wave Concert menghadirkan band punk rock Endank Soekamti yang akan ngebawain lagu-lagunya dengan format akustik dan aransemen baru. Ini pasti akan ditunggu-tunggu dan bikin penasaran penggemar. Penampilan akustik Endank Soekamti ini bakalan kami kemas dengan tata panggung dan visual yang sama kerennya,” kata Tiyok, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Selasa (22/9/2020) malam.

This Is My Wave X Endank Soekamti akan tampil secara streaming pada Jumat 25 September 2020 di akun Youtube Supermusic pukul 20.00 WIB.

2. Endank Soekamti merasa tertantang

Lakoni Konser Virtual, Endank Soekamti Pilih Tampil Akustikanmusikklik.com

Setali tiga uang, bagi Endank Soekamti sendiri, tampil secara akustik merupakan tantangan yang sepadan. Mereka harus menyiapkan aransemen yang berbeda ketimbang konser full instrument yang sering mereka lakoni.

Dalam kesempatan itu, band beranggotakan Erix (vokal & bass), Dory (gitar & vokal), dan Tony (drum) ini berjanji untuk menyajikan kemewahan musik mereka yang bertenaga dan tak mengurangi karakter asli Endank Soekamti. Apalagi format akustik ini akan dibalut dengan aransemen baru, yang mana membuat atmosfer konser yang dirasakan penonton bakalan lebih intim dan terasa asyik untuk sing along.

Erix mengaku tak sabar untuk segera manggung di konser This Is My Wave. Ia juga mengakui jika band punk rock-nya memang jarang tampil dengan balutan akustik.

“Buat kami, tampil akustik itu sesuatu yang menantang dan di luar comfort zone-nya Endank Soekamti. Tapi format akustik di This Is My Wave Concert ini bakalan beda, kami mengeksplorasi dan menyajikan musik Endank Soekamti dengan aransemen baru yang berbeda dan tetap maksimal,” tutur Erix, dalam rilis yang sama.

3. Siap membawaka lagu dari album baru mereka

Lakoni Konser Virtual, Endank Soekamti Pilih Tampil AkustikanEndank Soekamti (Instagram/@endanksoekamti)

Kini semua persiapan telah Endank Soekamti lakukan, mulai dari kolaborasi konsep performance, desain visual panggung, hingga berlatih membawakan sejumlah hits mereka dengan format akustik.

Apalagi, tampil di This Is My Wave Concert juga menjadi momentum yang tepat bagi Endank Soekamti. Pasalnya belum lama ini mereka juga baru merilis album ke-9 berjudul Air pada 22 Maret 2020 yang lalu.

Erix bahkan mengatakan bahwa ia akan membawakan beberapa lagu baru dari album tersebut yakni Yakin, Bisa, dan Selamat Pagi.

4. Berapa harga tiket This Is My Wave X Endank Soekamti?

Lakoni Konser Virtual, Endank Soekamti Pilih Tampil AkustikanEndank Soekamti (IDN Times/Istimewa)

Setelah mendapat respons memuaskan di dua episode sebelumnya, konser This Is My Wave kali ini juga bakal mempertahankan konsep sudut pandang 360 derajat yang terbukti menuai sukses. Dengan tata kamera bersudut pandang 360 derajat, penonton bisa merasakan sensasi seolah berada satu panggung bersama musisi idolanya.

Aksi Endank Soekamti di This Is My Wave Concert akan dibagi dalam tiga sesi, yakni backstage view, performance, dan interactive chit-chat. Backstage view memberikan ruang bagi penonton untuk melihat langsung hal apa saja yang dilakukan Endank Soekamti sebelum naik panggung.

Kemudian interactive chit-chat membuka kesempatan bagi sepuluh pembeli tiket pertama untuk berinteraksi dengan Endank Soekamti melalui aplikasi Zoom. Tak hanya urusan show musik, di This Is My Wave Concert ini Endank Soekamti juga berkolaborasi dengan Supermusic dalam urusan merchandising, yaitu t-shirt dan masker.

Untuk menikmati penampilan Endank Soekamti di This Is My Wave Concert, penonton bisa memilih dari tiga kategori tiket yang disediakan yaitu kategori Wave, New Wave, dan Super Wave. Namun, pengalaman menonton dengan sudut pandang 360 derajat hanya bisa didapatkan pada tiket kategori Super Wave.

Berikut ketiga kategori HTM:

1. Wave: Rp. 20.000

Mendapatkan link streaming (Regular),

2. New Wave: Rp. 100.000

Mendapatkan link streaming (Regular), collabs t-shirt, masker, dan standard merchandise,

3.     Super Wave – Rp. 150.000

Mendapatkan link streaming (360° experience), link streaming (Regular), collabs t-shirt, masker, VR box, standard merchandise.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya